March 26, 2013

0

Ancol Ocean Ecopark - Wisata Ramah Lingkungan

  • March 26, 2013
  • Share
  • Hadirnya Ancol Ocean Ecopark laksana oase di tengah sumpeknya kota Jakarta. Karena memang mancari lahan hijau di ibukota tidaklah mudah. Di lahan terbuka hijau ini, kita bisa naik sepeda, jogging, atau sekedar jalan-jalan santai menikmati sejuknya taman yang dipenuhi pohon-pohon langka dan aneka satwa. Tidak hanya itu, tempat ini juga mengajarkan banyak hal kepada kita tentang kepedulian terhadap lingkungan.

    Sejak dua tahun lalu, Ancol telah merevitalisasi lapangan golf seluas 34 hektar menjadi sebuah lahan terbuka hijau bernama Ancol Ocean Ecopark. Di kawasan ini, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan rerumputan yang luas, lengkap dengan pepohonan hutan beserta penjelasannya seperti cemara laut, pohon trambesi, mahoni, dan beberapa jenis pohon langka. Kita juga bisa dengan leluasa memilih wahana yang diinginkan, karena Ocean Ecopark memiliki beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan lingkungan.
    Ancol Ocean Ecopark dibagi menjadi empat kawasan dengan tema kawasan yang berbeda-beda yaitu : Eco-Care, Eco-Nature, Eco-Art, dan Eco-Energy. Eco-care menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan keluarga. Eco-Nature memanjakan pengunjung dengan keindahan alam dan berbagai jenis satwa yang sudah jinak. Eco-Art menjadi pusat acara seni dan budaya. Sementara Eco-Energy akan berfokus pada konservasi energi dan sumber energi terbaru.
    Ada pula Eco-Island dengan danau yang meliuk-liuk dan mengelilingi pulau kecil di tengahnya. Pulau ini juga dilengkapi kehidupan aneka satwa seperti burung pelikan, burung kasuari, burung dara, rusa, bebek, domba, monyet, dan masih banyak lagi.

    Bersepeda Mengelilingi Taman
    Ocean Ecopark memang sangat memperhatikan kenyamanan para pengunjung. Ini terlihat dengan tersedianya dua jalur yang berbeda, satu untuk jalur bersepeda, dan satu jalur lagi untuk yang ingin berjalan kaki atau jogging.
    Menyusuri jalur sepeda di Ocean Ecopark sejauh 2 km memang sungguh mengasyikkan. Terdapat beberapa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam, namun tetap aman. Dari salah satu jembatan yang cukup tinggi, kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan di sekeliling taman.
    Kalau tidak membawa sepeda, tempat ini juga menyewakan sepeda bagi pengunjung. Eco Bike untuk dewasa tarifnya Rp 50.000 per jam untuk weekday dan Rp 60.000 untuk weekend. Eco Bike untuk anak-anak tarifnya Rp 25.000 untuk weekday dan Rp 30.000 untuk weekend. Sepeda dengan kualitas bagus ini juga dilengkapi helm untuk pengaman.
    Jika malas berjalan kaki atau bersepeda, terdapat beberapa alternatif kendaraan. Kita dapat menyewa segway, yaitu kendaraan listrik beroda dua. Atau jika datang bersama keluarga besar, kita dapat menyewa buggy car yang bisa menampung empat orang. Harga sewanya Rp 120.000 per jam untuk weekday dan Rp 150.000 untuk weekend.
    Bila ingin mengelilingi danau buatan yang cukup panjang, kita bisa menaiki fun boat cruiser. Tarifnya untuk weekday Rp 25.000 per orang, sedangkan weekend Rp 30.000 per orang untuk satu kali putaran.
    Di dalam danau ini terdapat ribuan ikan emas, koi, gurame, dan juga lele. Kalau ingin memberi makan ikan-ikan ini di dermaga, Ecopark juga menyediakan pakan ikan seharga Rp. 5.000 per bungkus.
    Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati permainan lain yang tidak kalah menariknya, seperti Outbond, Paintball (Green Mission Paintball Ecopark), Ecoboat, dan Forest Camping. Arena Paintball di Ecopark memiliki lahan seluas 1,5 hektar dan dibagi menjadi tiga lokasi zona permainan, yaitu Zona Hutan Borneo, Zona Hutan Papua, dan Zona Hutan Sulawesi. Zona tempur tersebut pastinya sangat menantang. Tidak hanya itu. Ocean Ecopark juga memiliki lookout tower yang bisa dipakai pengunjung untuk melihat dari ketinggian hijaunya areal taman.

    Fantastique Magic Fountain Show
    Kawasan Ecopark memang diciptakan untuk menjaga alam dari kerusakan, terutama bahaya sampah. Salah satu contohnya terlihat dari tiga macam tempat sampah yang diletakkan di beberapa sudut taman. Satu tempat sampah berwarna hijau untuk sampah organik, satu tempat sampah berwarna kuning untuk sampah anorganik, dan satu lagi tempat sampah berwarna merah untuk bahan berbahaya dan beracun.
    Pertunjukan Fantastique menjadi unggulan night show di Ocean Ecopark. Harga tiketnya Rp 50.000 untuk weekday dan Rp 60.000 untuk weekend. Fantastique Magic Fountain Show adalah sebuah pertunjukan yang didukung beragam teknologi dengan setting sebuah benteng kerajaan di tengah danau, yang mengangkat musical theater Ancol paradis, dengan cerita rakyat Timun Mas dan Buto Ijo.
    Dari kursi panjang dengan konsep outdoor yang mampu menampung hingga 1.500 penonton ini, kita dapat menyaksikan pertunjukkan memukau selama kurang lebih satu jam. Selain menggunakan kecanggihan teknologi, pertunjukkan ini juga memiliki konten kearifan lokal legenda Indonesia yang sarat akan pesan-pesan moral. Pertunjukan ini dimulai pukul tujuh malam setiap harinya.
    Selain itu, kita juga bisa bermain sambil belajar dengan menikmati fasilitas Learning Farm dan juga kebun sayur organik. Kebun sayur di sini cukup luas dengan koleksi tanaman yang beragam, mulai dari pare, buncis, terong, hingga jagung.
    Terdapat beberapa pintu berbeda untuk masuk ke dalam Ecopark, namun pintu utama terletak di depan Hotel Mercure Ancol. Untuk masuk ke Ecopark, kita tidak perlu membayar tiket lagi. Cukup bayar tiket saat masuk Ancol saja Rp.15.000 per orang. Seru!  (rvtc/wr)

    sumber

    0 Responses to “Ancol Ocean Ecopark - Wisata Ramah Lingkungan”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin