-->

Ini Dia Buku Anti Galau Buat Pasien Depresi dan Stres

Bagaimana cara meredam kegelisahan ketika suasana hati sedang galau? Mencari hiburan tentunya. Tapi hiburan yang dicari sebaiknya jangan yang berisiko dan kalau bisa malah mendidik. Nah, para dokter di Inggris telah menyusun buku anti galau bagi mereka yang rentan depresi

Departemen Kesehatan Inggris tengah gencar mendukung gerakan membaca buku untuk meredakan kecemasan, depresi dan stres. Baru-baru ini, para dokter di sana menyusun buku bernama Reading Well Books on Prescription yang diyakini ampuh meningkatkan mood.

Sebenarnya buku ini bukan terbitan baru, namun merupakan daftar buku-buku lama seperti buku 'Haroun and the Sea of Stories' karya Salman Rushdie, buku 'The Secret Garden' karya Frances Hodgson Burnett dan buku 'Cider with Rosie' yang ditulis Laurie Lee di tahun 1959.

Daftar yang disusun Reading Agency di Inggris ini diharapkan dapat membantu meringankan gejala gangguan mental ringan sampai sedang sebelum penderitanya beralih meminum obat. Pasalnya, obat-obatan anti depresan seringkali memiliki efek samping yang buruk.

"Pembaca bisa memilih buku-buku yang mereka pikir punya kualitas untuk meningkatkan suasana hatinya. Kami memiliki buku yang lucu dan humoris dan Anda juga bisa membaca buku-buku yang membuat Anda mengambil napas dalam-dalam karena pengalaman di dalamnya," kata direktur riset Reading Agency, Debbie Hicks, seperti dilansir Counsel and Heal, Senin (4/2/2013).

Hicks menambahkan bahwa membaca merupakan pereda stres yang baik serta membantu melarikan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari. Ada banyak bukti bahwa membaca dapat benar-benar membantu bersantai dan ini merupakan strategi yang baik untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Penelitian yang dilakukan MindLab International menemukan bahwa dari berbagai kegiatan yang menenangkan, membaca dapat menurunkan tingkat stres sampai 67 persen. Buku anti galau ini disusun agar para dokter dan profesional kesehatan mental dapat memberikan terapi kepada pasien dengan cara mengunjungi perpustakaan.

Beberapa buku yang direkomendasikan antara lain:
1. The Beach Cafe karya Lucy Diamond
2. The Big Over Easy karya Jasper Fforde
3. Cider with Rosie karya Laurie Lee
4. Haroun and the Sea of Stories karya Salman Rushdie
5. The Pursuit of Love karya Nancy Mitford
6. The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett
7. Smoke and Mirrors karya Neil Gaiman
8. Takes of the City karya Armistead Maupin
9. To the Moon and Back karya Jill Mansell
10. Trouble on the Heath karya Terry Jones

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter