June 13, 2013

0

Pada usia berapakah anak harus belajar menyikat gigi?

  • June 13, 2013
  • Share
  • Mengajari anak menyikat gigi harus dimulai sejak dini, karena penyakit tentu saja tak akan tolerir. Sejak anak Anda berusia 6 bulan sudah wajib mendapat pelajaran tentang membersihkan giginya. Lalu bagaimana caranya? Sejak anak Anda berusia 6 bulan, pada saat gigi susu pertamanya tumbuh, Anda dapat menyikat giginya dengan menggunakan kain kassa steril yang dibalutkan ke jari kemudian diberikan air hangat.

    Walaupun mungkin ada beberapa bayi yang belum memiliki gigi pada usia 6 bulan, Anda harus tetap membersihkan gusi dan lidahnya. Tak masalah juga jika menggunakan sikat gigi, karena dengan demikian, anak Anda akan terbiasa menyikat gigi sejak bayi.

    Ada beberapa alat bantu yang bisa digunakan untuk menyikat gigi bayi anda, seperti sikat gigi jari yang terbuat dari bahan karet/plastik lentur yang aman, maupun kain yang berbentuk boneka tangan yang berfungsi untuk menyikat gigi.

    Biasanya kemampuan motorik bayi berusia 12 bulan sudah cukup mampu untuk menggenggam gagang sikat gigi dengan kuat. Sebaiknya Anda sudah mulai mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

    0 Responses to “Pada usia berapakah anak harus belajar menyikat gigi?”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin