June 7, 2013

2

5 Negara maju tanpa ujian nasional

  • June 7, 2013
  • Share
  • Ujian Nasional di Indonesia menjadi polemik ada sebagian orang yang menginginkan Ujian Nasional dihapukan dan ada juga yang tetap mempertahankan ujian Nasional.

    Pemerintah sendiri lebih menyukai adanya Ujian nasional tetap berjalan sebagai acuan standarisasi pendidikan di Indonesia dan menentukan apakah siswa layak lulus atau tidak.

    Terlepas peting tidaknya Ujian Nasional ternyata ada beberapa negara maju di dunia yang tidak menerapkan Ujian Nasional di sistem pendidikanya. Nah kamu mau tahu negara mana saja yang tidak ada ujian nasional, simak berikut ini:

    1. Finlandia Finlandia merupakan negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia namun di negara ini tidak ada yang namanya Ujian Nasional untuk mengukur seberapa nilai para siswa. Di Finlandia kualiats pendidikan dipengaruhi seberapa besar guru mampu mengajar sehingga negara ini selalu meningkatkan kualitas para guru mereka sehinga murid hasil didikan para guru juga merupakan murid yang berkualitas. Di Negara ini profesi guru perupakan profesi paling terhormat.

    2. Amerika Ameriak merupakan negara yang terdiri dari beberapa negara bagian, walaupun negara bagian di Amerika serikat mengadakan sejenis ujian Nasional untuk negara bagian namun pemerintah Amerika serikat sendiri tidak pernah mengadakan ujian Nasional untuk seluruh negara Bagian. Kualitas pendidikan di Amerika ditentukan oleh para siswa walaupun ia memiliki nilai kelulusan yang jelak asala bisa lulus di Universitas maka ia bisa masuk dalam Unibersitas tersebut, nilai kelulusan tidak penting di Amerika Serikat.

    3. Jerman Jerman merupakan negara maju yang juga tidak pernah melakukan ujian Nasional, kualitas pendidikan di negara ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

    1. Menyediakan guru yang profesional, yang seluruh waktunya dicurahkan untuk menjadi pendidik;
    2. Menyediakan fasilitas sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan penuh kegembiraan dengan fasilitas olahraga dan ruang bermain yang memadai dan ruang kerja guru;
    3. Menyediakan media pembelajaran yang kaya, yang memungkinkan peserta didik dapat secara terus-menerus belajar melalui membaca buku wajib, buku rujukan, dan buku bacaan, (termasuk novel), serta kelengkapan laboratorium dan perpustakaan yang memungkinkan peserta didik belajar sampai tingkatan menikmati belajar;
    4. Evaluasi yang terus-menerus, komprehensif dan obyektif.

    4. Kanada Negara Kanada menganggap Ujian Nasional tidak penting dan tidak bermanfaat untuk menjaga kualitas pendidikan tetap baik dan terjaga di Negara Ini ada yang namanya lembaga penjamin mutu pendidikan yang selalu menjaga dan mengawasi secara ketat kualitas pendidikan di Kanada.

    5. Australia Di Negara Australia ini, ujian nasional tidak dilaksanakan bahkan tidak dikenal sama sekali, melainkan ujian state. Ujian ini tidak menentukan lulus tidaknya para peserta didik, namun untuk menentukan kemana siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan. Berapapun nilai yang didapatkan oleh siswa dari ujian tersebut tetap dinyatakan lulus. Nilai nol pun tetap dinyatakan lulus, namun kelulusan tersebut tidak ada gunanya.

    Berarti siswa tersebut akan sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya. Nah itulah beberapa negara maju yang tidak ada Ujian Nasional diseitem pendidikan meraka.

    2 Responses to “5 Negara maju tanpa ujian nasional”

    lagu coboy junior said...
    Saturday, June 8, 2013 at 1:31:00 AM GMT+7

    thanks infonya


    M Ravi Firdaus said...
    Saturday, June 8, 2013 at 5:21:00 AM GMT+7

    @ lagu coboy junior : ok sama2, makasih atas kunjungannya..


    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin