loading...

VW XL1, mobil teririt di dunia

Mobil Teririt di Dunia -
Versi produksi dari XL1, mobil plug-in diesel
hybrid yang dikembangkan Volkswagen
akhirnya tiba. Mobil ini diotak-atik VW selama
10 tahun lamanya dengan hasil akhir sebuah
mobil yang memiliki konsumsi BBM 1 liter untuk
100 km!

Mobil ini sempat dipamerkan beberapa waktu
lalu di Geneva Motor Show bulan Maret 2013.
Untuk memproduksi mobil ini, Volkswagen
mengerahkan seluruh teknologi canggih yang
dimiliknya untuk memperbaiki konsumsi BBM
mobil.

Volkswagen pun tidak mau banyak-banyak
memproduksinya. Cukup 500 unit saja dan
dijualnya pun di Jerman. Beruntung, kami bisa
menjajalnya di markas Volkswagen di Jerman.

Bagaimana rasanya?
Eksterior
Dari awal, eksterior mobil dibuat dengan
tujuan meminimalisir konsumsi bahan bakar.
Jadi aspek aerodinamikanya diarahkan ke titik
maksimum. Mereka juga mengadopsi paket
bodi dengan tinggi dan lebar seminimal
mungkin.

Bodi berbentuk coupenya memiliki penutup di
roda belakang untuk mempermudah aliran
udara hingga ke bagian belakang mobil.
Jika dilihat bagian belakangnya, dari satu
sudut, mobil ini seperti sebuah Honda Insight.

Memang Insight juga mengejar aerodinamika
maksimum demi efisiensi bensin.
Demi aspek itu pula, spion dihilangkan. Sebagai
gantinya sebuah rear view camera yang
ditempatkan di bagian belakang mobil,
gambarnya bisa dipantau bahkan oleh
penumpang mobil.

Hasilnya, koefien drag mobil ini mencapai
0.189 Cd, angka yang tak terpikirkan oleh
banyak produsen mobil.
Dimensi
Mobil memiliki ukuran panjang 3.888 mm,
tinggi 1.665 mm dan lebar 1.153 mm. Panjang
dan lebar lebih besar dari mobil ringan yang
biasa dijual di Jepang.

Tetapi mobil ini memiliki tinggi yang lebih
rendah dari mobil sport.
Bodi Super Ringan
Mobil menggunakan bodi yang terbuat dari
serat karbon yang diperkuat oleh resin.
Walhasil bobotnya pun hanya 795 kg saja.
Mobil-mobil Jepang yang berukuran kecil
seperti Alto Eco pun masih kalah ringan
dibandingkan mobil ini.

Interior
Di dalamnya hanya ada 2 kursi. Tetapi
berbeda dengan kursi mobil 2 penumpang
biasa yang berdampingan, kursi penumpang
mobil terletak di bagian belakang.

Untuk masuk ke dalam mobil, Anda membuka
pintu bertipe gull wing. Kursinya pun sangat
rendah, namun tidak terlalu sulit untuk masuk
atau keluar dari kendaraan. Malah terasa
Anda tengah menyelam.

Performa
Mobil dinyalakan dengan memijit tombol
starter. XL1 adalah mobil plugin hybrid yang
memadukan motor listrik dengan mesin diesel
berkapasitas kecil, mobil akan menggunakan
motor listrik 20 kW ketika mulai melaju.

Anda bisa melaju sejauh 50 km dengan motor
listrik, ketika baterai mobil habis, mobil melaju
dengan efisiensi 50 km per liter menggunakan
mesin diesel 800 cc 2 silinder. Jadi total mobil
hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk
menjangkau 100 km.

Menurut insinyur jumlah bahan bakar yang
diperlukan untuk 100 km adalah 0,91 liter.
Jadi jika dikonversi ke perhitungan ala Jepang,
mobil bisa melaju sejauh 109,9 km per liter.
Sistem hybrid ini menghasilkan tenaga
gabungan 51 kW dengan torsi 140 Nm. Mobil
bisa melaju sejauh 160 km per jam dengan
transmisi DSG 7-speed.

Motor listriknya masih bisa dipakai ketika mobil
melaju di jalan bebas hambatan.
Sementara mesin diesel 800 cc ditempatkan
tepat di belakang kursi pengemudi, jadi ada
sedikit bunyi dan getaran dari mesin ketika
mobil menyala. Itu membuat Anda ingin
menghindari menggunakan mesin diesel dan
beralih menggunakan motor listrik secepat
mungkin.

Sedangkan karbon bodinya terasa rigid, jadi
Anda akan merasa dikelilingi oleh bodi yang
kuat. Hal ini berkontribusi pada aspek
pengendaraan.

Ketika menyetir mobil ini, perjalanan memang
terasa tidak terlalu menyenangkan tetapi
bukan berarti tidak nyaman. Suspensi yang
dipasang di mobil bisa meredam berbagai
guncangan.

0 Response to "VW XL1, mobil teririt di dunia"

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin