May 26, 2013

0

VW XL1, mobil teririt di dunia

  • May 26, 2013
  • Share
  • Mobil Teririt di Dunia -
    Versi produksi dari XL1, mobil plug-in diesel
    hybrid yang dikembangkan Volkswagen
    akhirnya tiba. Mobil ini diotak-atik VW selama
    10 tahun lamanya dengan hasil akhir sebuah
    mobil yang memiliki konsumsi BBM 1 liter untuk
    100 km!

    Mobil ini sempat dipamerkan beberapa waktu
    lalu di Geneva Motor Show bulan Maret 2013.
    Untuk memproduksi mobil ini, Volkswagen
    mengerahkan seluruh teknologi canggih yang
    dimiliknya untuk memperbaiki konsumsi BBM
    mobil.

    Volkswagen pun tidak mau banyak-banyak
    memproduksinya. Cukup 500 unit saja dan
    dijualnya pun di Jerman. Beruntung, kami bisa
    menjajalnya di markas Volkswagen di Jerman.

    Bagaimana rasanya?
    Eksterior
    Dari awal, eksterior mobil dibuat dengan
    tujuan meminimalisir konsumsi bahan bakar.
    Jadi aspek aerodinamikanya diarahkan ke titik
    maksimum. Mereka juga mengadopsi paket
    bodi dengan tinggi dan lebar seminimal
    mungkin.

    Bodi berbentuk coupenya memiliki penutup di
    roda belakang untuk mempermudah aliran
    udara hingga ke bagian belakang mobil.
    Jika dilihat bagian belakangnya, dari satu
    sudut, mobil ini seperti sebuah Honda Insight.

    Memang Insight juga mengejar aerodinamika
    maksimum demi efisiensi bensin.
    Demi aspek itu pula, spion dihilangkan. Sebagai
    gantinya sebuah rear view camera yang
    ditempatkan di bagian belakang mobil,
    gambarnya bisa dipantau bahkan oleh
    penumpang mobil.

    Hasilnya, koefien drag mobil ini mencapai
    0.189 Cd, angka yang tak terpikirkan oleh
    banyak produsen mobil.
    Dimensi
    Mobil memiliki ukuran panjang 3.888 mm,
    tinggi 1.665 mm dan lebar 1.153 mm. Panjang
    dan lebar lebih besar dari mobil ringan yang
    biasa dijual di Jepang.

    Tetapi mobil ini memiliki tinggi yang lebih
    rendah dari mobil sport.
    Bodi Super Ringan
    Mobil menggunakan bodi yang terbuat dari
    serat karbon yang diperkuat oleh resin.
    Walhasil bobotnya pun hanya 795 kg saja.
    Mobil-mobil Jepang yang berukuran kecil
    seperti Alto Eco pun masih kalah ringan
    dibandingkan mobil ini.

    Interior
    Di dalamnya hanya ada 2 kursi. Tetapi
    berbeda dengan kursi mobil 2 penumpang
    biasa yang berdampingan, kursi penumpang
    mobil terletak di bagian belakang.

    Untuk masuk ke dalam mobil, Anda membuka
    pintu bertipe gull wing. Kursinya pun sangat
    rendah, namun tidak terlalu sulit untuk masuk
    atau keluar dari kendaraan. Malah terasa
    Anda tengah menyelam.

    Performa
    Mobil dinyalakan dengan memijit tombol
    starter. XL1 adalah mobil plugin hybrid yang
    memadukan motor listrik dengan mesin diesel
    berkapasitas kecil, mobil akan menggunakan
    motor listrik 20 kW ketika mulai melaju.

    Anda bisa melaju sejauh 50 km dengan motor
    listrik, ketika baterai mobil habis, mobil melaju
    dengan efisiensi 50 km per liter menggunakan
    mesin diesel 800 cc 2 silinder. Jadi total mobil
    hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk
    menjangkau 100 km.

    Menurut insinyur jumlah bahan bakar yang
    diperlukan untuk 100 km adalah 0,91 liter.
    Jadi jika dikonversi ke perhitungan ala Jepang,
    mobil bisa melaju sejauh 109,9 km per liter.
    Sistem hybrid ini menghasilkan tenaga
    gabungan 51 kW dengan torsi 140 Nm. Mobil
    bisa melaju sejauh 160 km per jam dengan
    transmisi DSG 7-speed.

    Motor listriknya masih bisa dipakai ketika mobil
    melaju di jalan bebas hambatan.
    Sementara mesin diesel 800 cc ditempatkan
    tepat di belakang kursi pengemudi, jadi ada
    sedikit bunyi dan getaran dari mesin ketika
    mobil menyala. Itu membuat Anda ingin
    menghindari menggunakan mesin diesel dan
    beralih menggunakan motor listrik secepat
    mungkin.

    Sedangkan karbon bodinya terasa rigid, jadi
    Anda akan merasa dikelilingi oleh bodi yang
    kuat. Hal ini berkontribusi pada aspek
    pengendaraan.

    Ketika menyetir mobil ini, perjalanan memang
    terasa tidak terlalu menyenangkan tetapi
    bukan berarti tidak nyaman. Suspensi yang
    dipasang di mobil bisa meredam berbagai
    guncangan.

    0 Responses to “VW XL1, mobil teririt di dunia”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin