-->

Tiru kebiasaan ini agar anak berprestasi!

Apa saja ciri-ciri pelajar teladan? Selalu mendapat juara 1, mendapat nilai 100 di tiap ujian? Untuk mendapatkan prestasi tersebut tidaklah mudah. Mereka punya beberapa kebiasaan yang membuatnya menjadi pintar dan pantas untuk dicontoh. Berikut kebiasaan yang dilakukan pelajar teladan, dilansir Washington Post.

1. Rajin membaca
Buku adalah jendela dunia. Jika ingin kaya wawasan maka bersahabatlah dengan buku. Membaca tidak hanya terbatas pada buku literatur saja, Anda bisa membaca ensiklopedia, biografi, novel dan lainnya. Membaca adalah faktor yang menyebabkan kenaikan prestasi akademik.

2. Rajin menulis
Membiasakan menulis sejak dini membuat anak akan kaya terhadap kosakata. Selain itu menulis membantu anak menuangkan daya imajinasi dan kreativitas lewat kata-kata. Mulailah menulis buku harian, kemudian Anda bisa memberi pendapat tentang suatu kejadian di sekitar anak. Hal ini membuat anak berpikir kritis dan mendorong mereka untuk menjadi penulis.

3. Mempersiapkan lebih awal
Poin ketiga ini sifatnya luas dan mencakup banyak hal. Misalnya saja Anda mengerjakan PR setelah pulang sekolah, datang ke sekolah lebih awal. Selain menanamkan sifat disiplin, si anak nantinya mampu menjalankan kewajibannya dengan baik dan tidak terburu-buru dalam melakukan suatu hal. Kebiasaan ini membuat anak akan berpikir panjang dan menjadi orang yang disiplin.

4. Berdiskusi dengan teman
Siswa akan berkembang jika dia sering berdiskusi. Mengemukakan ide, gagasan, pendapat, belajar menerima saran atau kritik adalah langkah awal agar si anak mempunyai kecakapan berbicara di depan umum. Jika tidak dibiasakan sejak dini, anak akan malu ketika harus menyampaikan idenya dan tidak berkembang.

5. Bertanya pada guru
Jika tidak mengerti soal mata pelajaran, pelajar yang baik tentu akan berani bertanya pada guru. Keberanian ini tidak dimiliki banyak siswa karena khawatir dianggap bodoh.
Padahal bertanya bukan suatu dosa besar, karena tidak semua siswa bisa menangkap pelajaran dengan baik. Guru pun akan senang menjelaskan kembali pada siswa sampai dia mengerti. Selain itu bertanya menunjukkan keingintahuan umum yang sangat penting dalam belajar.

Lima kebiasaan di atas membantu siswa untuk meraih prestasi di sekolahnya. Segera lakukan dan bersiaplah meraih prestasi setinggi langit.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter