May 16, 2013

0

Ini alasannya tak semua anak pintar berhitung

  • May 16, 2013
  • Share
  • Matematika seringkali menjadi momok bagi anak-anak sekolahan. Bahkan meski si anak akan mengalami peningkatan nilai ujian dengan tutorial dan les, tapi tak semua anak akan mendapatkan manfaat dari upaya ekstra itu. Lalu apa yang mendasari perbedaan ini?

    Setelah sekelompok peneliti dari AS mempelajari mekanisme perilaku dan saraf yang mendorong sejumlah anak memiliki keterampilan aritmetika atau berhitung yang lebih cepat ketimbang anak-anak lainnya, ditemukan adanya sebuah struktur otak yang bertugas memberikan penanda sensitif terhadap keterampilan berhitung tersebut.

    Untuk mendapatkan kesimpulan itu, tim yang dipimpin oleh Kaustubh Supekar dari Stanford University School of Medicine, California ini menggunakan scan fMRI untuk mengukur bagaimana respons otak 24 siswa sekolah dasar berusia 8-9 tahun usai menjalani tutorial matematika secara privat selama 8 bulan.

    Hasilnya, kecepatan dan akurasi dalam menyelesaikan soal berhitung pada seluruh partisipan mengalami peningkatan dengan adanya tutorial, bahkan pada beberapa anak tertentu kemampuannya meningkat secara signifikan.

    Dari situ peneliti menemukan bahwa ukuran dan konektivitas hipoccampus atau bagian otak yang berperan penting dalam menentukan kemampuan daya ingat ternyata juga memberikan dampak terbesar dalam menentukan kemajuan belajar berhitung yang dirasakan masing-masing partisipan.

    "Temuan kami memberikan bukti bahwa perbedaan bagian otak pada masing-masing individu ternyata berkaitan dengan kemampuan belajar dan daya ingat serta menjadi sarana terbaik untuk memprediksi tingkat responsivitas tutorial matematika pada anak-anak, bukannya bagian otak yang biasanya dikaitkan dengan proses berhitung," simpul peneliti seperti dilansir Health24, Kamis (16/5/2013).

    Dengan kata lain, studi ini memberikan penjelasan mengapa sebagian anak terlahir lebih baik dalam mempelajari matematika di sekolah dibandingkan teman-temannya.

    Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal PNAS.

    0 Responses to “Ini alasannya tak semua anak pintar berhitung”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin