March 6, 2013

0

Jangan Sembarangan, Persiapkan Hal Ini Sebelum Operasi Plastik

  • March 6, 2013
  • Share
  • Sebelum menjalani operasi, biasanya ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, misalnya berpantang makan selama beberapa jam. Pada operasi plastik, memang tidak seekstrem operasi bedah medis, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

    Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaaan dulu sebelum melakukan operasi. Awalnya dimulai dari pemeriksaan yang bersifat umum, lalu melihat bagian tubuh yang akan dioperasi. Untuk masalah umur, sebenarnya semua umur relatif boleh menjalani operasi kosmetik.

    "Tidak ada ketentuan khusus mengenai umur, semua usia boleh. Kecuali pada umur 60 tahun ke atas. Misal pun hanya dilakukan pembiusan lokal, harus tetap di meja operasi untuk merekam irama jantungnya. Hal ini membantu dokter dan pasien saat pelaksanaan operasi," kata dr Aditya Wardana, SpBP, spesialis bedah plastik dari RSCM ketika dihubungi RdbC-Health dan ditulis Rabu (6/3/2013).

    Pada wanita, yang paling sering dilakukan adalah operasi payudara. Namun tidak setiap wanita diperbolehkan untuk melakukan operasi memperbesar payudara. Ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan.

    Menurut dr Budiman, SpBP dari Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI), ada beberapa syarat yang ketentuan yang perlu diperhatikan sebelum menjalani operasi pembesaran payudara, yaitu:

    1. Berusia di atas 18 tahun setelah ukuran payudara tidak tumbuh lagi.
    2. Siapkan dana yang cukup karena operasi ini tidak dijamin oleh asuransi (termasuk operasi kosmetika bukan rekonstruksi).
    3. Cari informasi tentang dokter spesialis yang memiliki kompetensi dalam kurikulum pendidikannya.
    4. Lakukan konsultasi dengan cermat, tanyakan berbagai hal tentang harapan dan yang ingin diketahui sampai puas. Jujurlah kepada dokter bila memiliki penyakit atau kelainan demi keselamatan.
    5. Pilih Klinik atau RS yang sesuai dengan standar di mana dokter tersebut praktik. Sebaiknya operasi dilakukan di RS walaupun berkonsultasi di klinik dokter.
    6. Lakukan pemeriksaan standar laboratorium dan penunjang lainnnya sesuai arahan dokter.
    7. Tentukan waktu operasi sesuai dengan kesepakatan, jangan lupa berpuasa minimal 6 jam sebelum operasi, dan ikuti nasihat pasca operasi. Jangan segan untuk berkomunikasi dengan dokter bila ada hal yang belum jelas.
    8. Terakhir, kontrollah secara rutin sesuai anjuran dokter.

    Setelah operasi pun ada beberapa hal yang perlu dihindari, setidaknya selama 1 hingga 2 bulan pertama pasca operasi, antara lain:

    1. Menggunakan bra tanpa kawat
    2. Dokter akan mengajarkan untuk pijat payudara
    3. Menghindari kegiatan yang memakai otot-otot di payudara, seperti lari, lompat-lompat, setidaknya selama 2 bulan pertama.

    0 Responses to “Jangan Sembarangan, Persiapkan Hal Ini Sebelum Operasi Plastik”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin