-->

HUT Ke-56, BCA Bagikan Kacamata dan Tes Kesehatan Gratis Untuk Warga Duri Utara

Dalam rangka ulang tahun ke-56, PT Bank Central Asia Tbk melalui program Bakti BCA membagikan 300 kacamata lensa plus dan 100 paket tes kesehatan gratis bagi warga RW 02, kelurahan Duri Utara, kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Kacamata plus yang dibagikan mulai dari ukuran lensa +1.00 hingga +4.00. Sementara tes kesehatan yang disediakan adalah pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar kolesterol, asam urat, gula darah dan hemoglobin. Kedua bantuan kesehatan tersebut diperuntukkan khusus bagi warga berusia di atas 40 tahun.

Bakti sosial ini dilakukan di Balai Warga RW 02 pada hari Selasa (19/2) dan dihadiri oleh Inge Setiawati, Sekretaris Perusahaan BCA, didampingi dr. Monik dan dr. Semuel, pendiri sekaligus  pengelola Klinik Duri Utara yang telah menjalin kerjasama dengan Bakti BCA sejak Februari 2012 dalam hal pembiayaan pengobatan bagi warga Duri Utara, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

“Kita menanyakan ke RT dan RW apa yang dibutuhkan warga di sini? Kebetulan di sini banyak warga lansia. Sementara kebutuhan kesehatan segala usia sudah di-cover setiap hari di Klinik Duri Utara dimana dengan adanya kerjasama dengan Bakti BCA warga hanya perlu membayar separuh biaya ketika berobat,” jelas Inge ketika ditanya mengenai penetapan usia untuk warga yang berhak mendapat bantuan kesehatan.

Salah satu warga yang menerima bantuan kacamata plus adalah Ani, 55 tahun, yang tinggal di Jalan Krendang Baru, RT 11 sejak lahir. Setelah menjalani pemeriksaan, pemilik warung rumahan yang pelanggannya sebagian besar buruh pabrik konveksi itu diberi kacamata ukuran lensa +1.50.

Setiap hari warung Ani yang menjual mie rebus dan kopi itu buka dari pagi hingga tengah malam. “Kacamatanya mau saya pakai untuk catat bon. Sebelumnya susah, enggak kelihatan kalau baca tulisan kecil. Kalau kena sinar matahari, pandangan mata sering buram seperti berkabut begitu,” kata Ani yang juga kerap berobat ke Klinik Duri Utara. Dia pun merasa sangat terbantu karena biaya berobat di klinik tersebut sangat murah, bahkan tak jarang gratis.

Klinik Duri Utara yang terletak di Jalan Duri Utara II No. 43, Tambora itu melayani sekitar 30 pasien setiap harinya. Beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 22.00, Klinik Duri Utara memiliki tiga dokter yang praktek bergantian setiap hari dan dua staf medis tetap. Beberapa pasien dengan penyakit tertentu atau kondisi penyakitnya cukup parah akan mendapatkan rujukan berobat ke RSUD Tarakan atau RS Atmajaya.

“Masalah kesehatan paling umum ditemui pada warga Duri Utara adalah keluhan gangguan pernapasan seperti ISPA dan pencernaan. Sanitasi masih jadi persoalan serius di sini. Banyak warga tidak memiliki toilet sendiri, sementara kalau ke toilet umum harus bayar. Jadi tak jarang warga buang air besar di sembarang tempat, seperti selokan,” papar dr. Monik yang mengelola Klinik Duri Utara sejak tahun 2009 itu.

Selain bakti sosial di Klinik Duri Utara, diselenggarakan pula Donor Darah Nasional BCA sebagai bagian dari kegiatan peduli kesehatan dalam rangka HUT BCA ke-56. “Kami fokus melayani nasabah, selalu meningkatkan kerjasama tim, memupuk integritas dan berusaha selalu menjadi yang terbaik. Bakti sosial di bidang kesehatan seperti ini merupakan kepedulian BCA terhadap sesama dan fokus akan kebutuhan masyarakat,” pungkas Inge.

Informasi mengenai kegiatan Bakti BCA lainnya, follow Twitter @GoodLifeBCA dan Like fanpage www.facebook.com/GoodLifeBCA

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter