loading...

4 Cara Membaca Peta Agar Tak Tersesat Saat Traveling

Agar tidak tersesat saat traveling, banyak turis yang membawa peta ke mana pun ia pergi. Sayangnya tidak semua orang bisa membaca peta dengan benar. Jika Anda salah satunya, ikuti 4 tips berikut.

Kemampuan membaca peta tidak dimiliki semua orang. Ada yang bisa dengan mudah membacanya, ada pula yang kesulitan.

Alih-alih sampai di destinasi tujuan, traveler yang mencari arah menggunakan peta malah bisa tersesat jika salah membacanya. Dilongok dari Lounge, Selasa (5/3/2013) inilah 4 cara membaca peta yang bisa Anda praktekan:

1. Pilih peta yang tepat

Sebelum mencari tahu lokasi menggunakan peta, pastikan Anda membeli peta yang sesuai dengan keperluan. Ini karena ada beberapa jenis peta yang tersedia di pasaran, misalnya peta petunjuk arah jalan, peta wisata khusus untuk turis, atau peta politik.

Jika Anda traveling menggunakan mobil pribadi, sebaiknya pilih peta jalan. Tapi, jika Anda mencari berbagai macam atraksi wisata yang menarik di suatu destinasi, pilihlah peta wisata.

2. Cari tahu lokasi keberadaan Anda

Ini adalah hal dasar yang harus diketahui sebelum membaca peta, yaitu mengetahui lokasi keberadaan Anda sebelum memulai perjalanan. Tanpa mengetahui lokasi awal, turis akan sulit untuk menentukan arah melalui peta. Yang ada, Anda hanya dibuat bingung oleh petunjuk-petunjuk di peta.

Salah satu cara untuk mengetahui lokasi keberadaan Anda adalah mencari ciri khas suatu tempat. Ciri khas ini bisa berupa bangunan yang terkenal atau pun sungai.

3. Cari tahu lokasi tujuan

Hal lain yang tak kalah penting adalah mencari tahu dengan lengkap lokasi tujuan. Barulah kemudian mencari arah untuk mencapai lokasi tersebut.

Namun, jika destinasi yang akan dikunjungi lebih dari satu, sebaiknya prioritaskan dulu mana destinasi pertama Anda. Kemudian baru cari tahu arah untuk mencapai masing-masing destinasi tersebut.

4. Gunakan kompas atau indeks peta

Setelah menemukan posisi Anda sekarang dan lokasi tujuan, saatnya menentukan arah perjalanan. Untuk mengetahui arah, turis bisa mengunakan kompas. Kompas dan peta jalan beriringan. Gunakan keduanya untuk mengetahui jalan yang harus dilalui mencapai destinasi.

Jika tidak memiliki kompas, Anda bisa menggunakan indeks yang ada di dalam peta. Indeks peta biasanya berupa kumpulan nama jalan dan informasi lain dan koordinatnya di dalam peta. Tentu ini akan membimbing Anda menuju lokasi tujuan.

Dengan tahu cara membaca yang benar, peta akan benar-benar menjadi alat bantu dalam traveling. Liburan lancar, tanpa takut tersasar.

0 Response to "4 Cara Membaca Peta Agar Tak Tersesat Saat Traveling"

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin