March 6, 2013

0

10 Cara Agar Lebih Nyaman Duduk di Pesawat

  • March 6, 2013
  • Share
  • Transportasi udara semakin digemari wisatawan. Namun, traveler sering merasa tak nyaman karena kursi pesawat yang terlalu tegak atau rongga kaki yang terlalu sempit. Berikut 10 cara agar Anda lebih nyaman duduk di pesawat.

    Memilih pesawat terbang sebagai transportasi saat traveling bisa membuat perjalanan semakin efektif. Tapi tak sedikit traveler yang mengeluh sakit badan setelah naik pesawat, apalagi dalam jangka waktu panjang. Jangan kuatir, setidaknya ada 10 cara agar Anda lebih nyaman duduk di pesawat seperti dilansir dari Huffington Post, Selasa (5/3/2013):

    1. Pastikan Anda tidak memegang apa-apa

    Traveler biasa membawa tas dalam kabin. Namun, tak jarang yang memilih untuk menaruh tas di kaki daripada menyimpannya di kompartemen di atas tempat duduk. Akibatnya kaki tidak bisa diluruskan saat duduk. Padahal kaki dan tubuh Anda butuh bergerak selama perjalanan, barang beberapa inci.

    Simpanlah tas kabin Anda di kompartemen khusus di atas tempat duduk. Kalau ada benda-benda yang sekiranya dibutuhkan selama penerbangan, taruhlah di kantung yang berada di depan Anda. Tapi jangan memenuhi kantung itu dengan barang ya, kaki Anda bisa terbentur nantinya.

    2. Bawa bantal khusus traveling

    Tak diragukan lagi, bantal kecil bisa memberi Anda kenyamanan lebih. Bantal kecil khusus traveling sudah banyak dijual di pasaran. Tak hanya yang berbentuk huruf U, bantal traveling juga tersedia dalam berbagai bentuk lain seperti gitar. Kalau mau yang multifungsi, belilah jaket yang bisa dialihfungsikan menjadi bantal.

    3. Sangga pinggang Anda

    Kalau saja manusia berbentuk seperti udang, bentuk huruf C pada bangku pesawat pasti terasa sangat nyaman. Sayangnya, manusia sama sekali tidak berbentuk seperti udang! Itulah pentingnya menyangga bagian belakang pinggang dengan suatu benda.

    Benda tersebut bisa berupa bantal, selimut atau sweater yang digulung, atau syal yang dilipat. Ingat, duduk di pesawat dalam jangka waktu yang panjang akan membuat punggung Anda kaku. Buatlah punggung Anda senyaman mungkin dengan menyangga pinggang bagian belakang.

    4. Melapisi sandaran tangan

    Melapisi bagian atas sandaran tangan dengan syal atau sweater akan membuat posisi duduk semakin nyaman. Percayalah, sandaran tangan yang empuk dan hangat akan membuat tidur Anda di pesawat semakin nyenyak.

    5. Merebahkan kursi... dengan sopan

    Merebahkan kursi adalah suatu hal lumrah yang dilakukan agar posisi duduk lebih nyaman. Tapi ingat, penumpang di belakang Anda akan terganggu dan sebal karena ruang kakinya menjadi sempit. Kalau ingin nyaman, bertindaklah sopan.

    Tanyakan dulu kepada penumpang di belakang Anda, bolehkah membaringkan kursi sedikit saja. Mereka pasti merasa tidak enak untuk bilang 'tidak'. Tapi jangan lupa aturan saat penerbangan: kembalikan kursi Anda ke posisi semula saat makan atau mendarat.

    6. Memesan kursi di dekat jendela

    Kalau traveling sendiri atau berdua, lebih baik pesan kursi di dekat jendela. Anda akan lebih leluasa menentukan posisi nyaman yang diinginkan, termasuk bersandar di samping jendela pesawat.

    Tapi kalau Anda termasuk traveler berbadan tinggi, pesanlah kursi di dekat gang. Rongga kaki di pesawat seringkali sempit, maka Anda bisa sedikit menjulurkan kaki ke luar kursi. Tapi hati-hati, jangan sampai orang tersandung kaki Anda ya!

    7. Atur sendiri ventilasi pendingin udara

    Tiap kursi di pesawat punya ventilasi pendingin udara (AC) di atasnya. Anda bisa mengatur sendiri sirkulasi udara di sekeliling agar tak terlalu dingin atau panas. Paling nyaman, bukalah setengah kemudian biarkan AC berhembus ke penumpang di depan Anda. Jangan mengarahkan AC langsung ke kepala Anda karena akan membuat pusing dan masuk angin.

    8. Regangkan badan

    Tiap satu atau dua jam, berdirilah dari kursi. Lakukan peregangan dengan menggerakkan tangan, kaki, badan, leher, juga kepala. Kalau merasa bosan, Anda bisa bangun dari kursi dan berjalan ke kamar mandi. Hal ini bisa membantu Anda agar lebih nyaman melewati sisa perjalanan.

    9. Gunakan pakaian yang longgar

    Pakaian yang ketat pasti menimbulkan perasaan tidak nyaman. Ya, pakaian longgar bahkan bisa membantu Anda agar lebih nyaman dalam pesawat. Eits, bukan berarti Anda boleh mengenakan piyama ya! Bahan katun yang nyaman dengan tambahan sweater longgar adalah kombinasi pas saat melakukan penerbangan.

    10. Bawalah benda-benda ini

    Kaus kaki, syal, juga penutup mata dan telinga bisa membuat perjalanan udara semakin nyaman. Gunakan kaus kaki dan syal agar tubuh Anda tetap hangat. Penutup mata dan telinga berguna untuk mengurangi silau dan bising saat ingin beristirahat selama perjalanan.

    0 Responses to “10 Cara Agar Lebih Nyaman Duduk di Pesawat”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin