-->

Pengguna Android dan BlackBerry Dilindungi Antivirus

Para pengguna smartphone dengan sistim operasi Android dan BlackBerry kini bisa merasa lebih aman karena mendapatkan perlindungan dari para produsen antivirus.

Dalam keterangan yang dikutip detikINET, Minggu (17/2/2013), XL Axiata menggandeng Norton untuk menawarkan Norton Mobile Security bagi pengguna smartphone Android. Sementara BlackBerry memilih Trend Micro sebagai pelindungnya.

"Penetrasi mobile di Indonesia terus meningkat, sehingga perlindungan smartphone semakin penting. Kami melihat kebutuhan untuk menyediakan solusi keamanan smartphone yang komprehensif bagi pelanggan XL Android," kata Chief Technology & Digital Services Officer XL Dian Siswarini.

Diungkapkannya, hasil survei menunjukkan satu dari tiga pengguna perangkat mobile telah mengalami perangkatnya hilang atau dicuri, serta menempatkan informasi sensitif mereka pada resiko utama.

Effendy Ibrahim, Director of Asia Consumer Business for Symantec, mengklaim aplikasi Norton Mobile Security ini bisa menjaga informasi sensitif jika perangkat hilang atau dicuri.

"Dengan Norton Mobile Security, kami membuat orang-orang menjadi lebih mudah dalam melindungi data mereka pada smartphone Android," katanya.

Adapun fitur utama di Norton Mobile Security:

Remote Locate – Konsumen dapat melihat dimana lokasi ponsel mereka, jadi mereka dapat menemukan apabila hilang atau dicuri.
Remote Lock – Memungkinkan konsumen mengunci ponsel mereka yang hilang atau dicuri dari jarak jauh, untuk mencegah orang asing melihat hal-hal pribadi atau memanfaatkan tagihan mobile mereka.
Remote Wipe – Memungkinkan konsumen dari jarak jauh menghapus hal penting pada ponsel mereka jika hilang atau dicuri, termasuk pada memory card telepon.
Antiphishing Web Protection – Memblokir situs penipuan (phising). Melindungi perangkat dan barang-barang mereka pada jaringan selular dan koneksi Wifi, tanpa menjadi lambat dan terganggu.

Pelanggan Android XL bisa berlangganan paket ini secara mingguan maupun bulanan, melalui pesan teks atau sistem UMB *123*5847#. Harga paket mingguan Rp 5.500 dan paket bulanan Rp 11.000. Pengguna Android yang tercatat di jaringan XL sekitar 800 ribuan orang.

"Kami tawarkan untuk pelanggan Android baru mendapatkan 30 hari uji coba Norton Mobile Security setelah mengaktifkan XmartPlan Starter Pack mereka. Pelanggan akan menerima pesan teks dengan link download untuk mengaktifkan Norton Mobile Security," kata Dian.

Proteksi BlackBerry

Sementara BlackBerry menggandeng Trend Micro Incorporated untuk memperluas perlindungannya kepada pelanggan dalam menghadapi malware dan permasalahan aplikasi dari pihak ketiga.

Sebagai bagian dari tahapan pendekatan multi-level untuk mengatasi terjadinya implikasi privasi dan keamanan, BlackBerry akan menggabungkan layanan Trend Micro Mobile Application Reputation untuk kebutuhan internal saat ini, sistem proprietary guna menganalisa aplikasi.

Dengan adanya layanan berbasis cloud dari Trend Micro Mobile Application Reputation, aplikasi yang ada maupun aplikasi baru yang ada pada BlackBerry World akan discan apakah memiliki potensi adanya malicious yang berbahaya.

"BlackBerry bekerja sama dengan Trend Micro untuk menerapkan pendekatan yang lebih kuat untuk mengatasi permasalahan privasi dan keamanan terkait dengan aplikasi pihak ketiga," kata Adrian Stone, Director, BlackBerry Security Response and Threat Analysis di BlackBerry.

"Dengan menggabungkan kemampuan mobile scanning dan kemampuan mendeteksi internal, sistem analisa aplikasi proprietary, kami dapat memberikan perlindungan serta jaminan kepada pelanggan BlackBerry di setiap lini," ujarnya lebih lanjut.

Melalui kerjasama ini, BlackBerry dan Trend Micro juga sedang mengembangkan solusi lain untuk melindungi pelanggan BlackBerry terhadap munculnya kekhawatiran akan keamanan mobile yang marak saat ini.

"Banyaknya malicious apps yang berisiko tinggi berpotensi untuk berkembang diberbagai industri, maka inilah sebabnya kami memuji komitmen BlackBerry untuk melindungi pelanggan mereka dalam mengatasi mobile threat," kata Kevin Simzer, Vice President of Corporate Develompment and Alliances, Trend Micro.

"Adanya pergerakan secara cepat yang dilakukan oleh cybercriminal dengan menargetkan platform baru dan juga aplikasi, oleh sebab itu kolaborasi strategis antara Trend Micro dan BlackBerry terjadi secara alami dan tepat waktu bagi keamanan penggunanya. Bersama, dua perusahaan ini selanjutnya dapat memberikan rasa aman bagi pelanggannya."

Trend Micro telah meneliti dan melakukan evaluasi kepada lebih dari dua juta aplikasi mobile. Mobile Application Reputation Service merupakan cloud generasi terbaru berbasis teknologi bagi mobile operating system yang berfungsi untuk menganalisis kode aplikasi dan perilaku untuk mengidentifikasi adanya risiko malware dan bocornya data.

Aplikasi ini juga dapat mendeteksi penyalahgunaan daya baterai, memori dan sumber data. Layanan ini memanfaatkan infrastruktur Trend Micro Smart Protection Network untuk memberikan penilaian tingkatan aplikasi mobile yang terpercaya.

The Smart Protection Network merupakan teknologi yang dirancang secara unik 'in-the cloud' yang disesuaikan dengan layanan keamanan berbasis cloud seperti Mobile Application Reputation Service.

Dengan memeriksa URL, email, file dan aplikasi terhadap database threat terbaru serta terkait lainnya, pelanggan akan selalu mendapatkan akses terhadap perlindungan terbaru secara cepat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter