-->

Ini Pendapat Menkes Tentang Metode 'Cuci Otak' Ala dr Terawan

Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat menuturkan manfaat metode cuci otak yang dilakukan Dokter Terawan. Menurut pengakuannya, Dahlan merasakan pikirannya menjadi jernih dan segar usai menjalani metode tersebut.

Sebenarnya metode cuci otak Dokter Terawan masih memicu kontroversial di kalangan medis. Para dokter masih terbelah pendapatnya. Masih banyak dokter yang belum bisa menerimanya sebagai bagian dari medical treatment. Bagaimana pendapat Menteri Kesehatan mengenai hal itu?

"Sekarang yang dilihat adalah ada manfaat tidak? Kedua, apakah itu aman untuk pasien? Oleh karena itu harus ditulis hasilnya supaya bisa kita lihat dari sekian ribu orang yang sudah dilakukan, yang mendapat manfaat berapa banyak dan apakah ada yang mengalami side effect," kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi kepada pers, Kamis (21/2/2013).

Menkes mengemukakan pernyatan tersebut di sela-sela acara Seminar berjudul 'Cancer: Did You Know' di gedung Kementerian Kesehatan RI. Dokter Terawan sendiri adalah seorang ahli radiologi berumur 48 tahun yang bermitra dengan dokter Tugas, ahli syaraf yang berumur 49 tahun.

Metodenya yang disebut 'cuci otak' ini dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Menurut Dahlan Iskan yang sempat mencoba metode ini, kebanyakan pasien yang datang ke sana bukanlah orang yang sakit, melainkan melakukannya sebagai tindakan pencegahan. Biayanya juga terbilang mahal, yaitu sekitar Rp 100 juta.

"Sampai saat ini, laporannya adalah sebagian besar mendapat manfaat. Memang ada yang tidak begitu besar manfaatnya. Kedua, belum ada sampai saat ini dari sekian ribu yang telah dilakukan ada side effect atau dampak buruknya. Tentu ini harus dibahas bersama dengan organisasi profesi dan para ilmuwan," papar Menkes.

Related Posts

1 comment

  1. Temuan Dr TERAWAN tidak perlu dipolimikan. Para penemu barang langka di dunia umumnya temuanya tidak sesuai pendidikanya contoh THOMAS ALVA EDISON tidak pernah miliki IJASA Akademi namun beliau mencipta ratusan macam barang.
    Dr Terawan beliau temukan sesuatu terapi besar walau Akademiknya Ahli Radiologi. Tuhan Telah mengutus Bangsa besar kita seorang Dr TERAWAN Sebagai penyembuh STROKE. Kita harus dukung agar Beliau bisa terdaftar di GENIUS BOOK OF RECORD dan hadiah NOBLE. Yang perlu kita selidiki dari sekian ribu pasien ada berapa yang gagal. Kalau tidak ada yang gagal kenepa mesti ribut soal Ahli Radiologi. Lakukan penelitian sesama profesi utk hasil yang lebih signifakan.
    Khusus dr Terawan anda telah diutus tuhan utk penyembuh stroke di dunia ada ratusan juta umat manusia didunia menanti temuan anda. Tidak mungkin anda dapat menyembuhkan seluruh umat manusia dari stroke anda perlu turunkan ilmu ke rekan sejawat anda namun anda harus buat hak cipta untuk obat dan alat yang anda temukan agar nama anda akan dikenang oleh dunia selamanya gbu charles pitoby kupang ntt 081332707006

    ReplyDelete

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin

Subscribe Our Newsletter