-->

Cegah Penularan Gigi Berlubang dengan Tidak Cium Mulut Anak Sembarangan

Anak yang masih kecil memang menggemaskan. Orang tuanya pun sering menghujani anaknya dengan ciuman sebagai tanda kasih sayang. Tapi sebaiknya jangan sembarangan mencium mulut anak, karena melalui ciuman itu bakteri penyebab gigi berlubang dari orang tua bisa berpindah.

"Tentunya kalau mencium mulut anak, bakteri Streptococcus mutan bisa berpindah," kata Prof Heriandi S, drg. SP. KGA (K), PHD.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar bertajuk 'Gigiku Sehat Tubuhku Kuat' di Auditorium Sekolah Islam Dian Didaktika, Jl Rajawali Blok F No. 16 Cinere Estate, Depok, Jawa Barat, dan ditulis pada Minggu (24/2/2013).

Bakteri tersebut juga bisa berpindah karena penggunaan sendok secara bergantian atau sikat gigi. Karena itu sebaiknya orang tua dan anak tidak menggunakan sendok yang sama untuk menyuap makanan.

"Apalagi ada orang tua yang suka mengunyahkan makanan untuk anaknya. Kalau sudah lembut, dikasih ke anaknya. Ini tidak boleh sekali," lanjut Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi UI ini.

Agar gigi anak tetap sehat, perlu dibiasakan menyikat gigi dengan benar secara teratur. Selain itu jangan terlalu banyak makan makanan manis yang sangat disukai oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

Prof Heriandi menganjurkan agar aktivitas gosok gigi dengan pasata gigi mulai dilakukan saat anak sudah bisa berkumur. Jika anak belum bisa berkumur, maka gosoklah giginya tanpa menggunakan pasta gigi.

"Sikat gigi anak pilihlah yang kecil. Kalau perlu biarkan anak memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi untuk dirinya sendiri biar dia senang. Yang paling penting adalah bagaimana dia menyikat gigi. Depan, dalam, semua permukaan gigi harus disikat. Jangan lupa lidah juga disikat," papar alumnus Okayama University Dental School Jepang ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter