-->

Adakah Hubungan Nasi Merah dengan Sakit Maag?

Saya mau tanya, saat ini saya sedang diet dengan cara makan nasi merah (tidak makan nasi putih sama sekali) dan ternyata hasilnya lumayan berpengaruh terhadap penurunan berat badan saya.

Yang saya mau tanyakan :
1. Apa ada hubungannya konsumsi nasi merah dengan sakit maag? Apalagi yang nasi merah organik (lebih merah dan lebih kasar), karena sehabis makan maag pun muncul.
2. Apa saja manfaat positif konsumsi nasi merah selain untuk penurunan berat badan?
3. Adakah efek samping yang negatif konsumsi nasi merah secara terus menerus? Terimakasih jawabannya.

Neville (Perempuan Menikah, 24 Tahun), vhieliXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Halo Neville,

Nasi atau beras merah mempunyai keunggulan dibanding nasi putih karena di kulitnya terdapat: serat, vitamin B, mineral-mineral dan antioksidan yang tidak terdapat pada nasi putih.

Kandungan serat dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga makanan lebih lama ada di dalam perut. Efek baiknya adalah tahan lapar sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Kondisi fisik beras merah yang lebih keras dan tidak pulen juga dapat membantu diet karena kita jadi harus mengunyah lebih lama dan memberikan waktu bagi lambung untuk mengirim signal kenyang ke otak sebelum terlanjur makan banyak.

Saya tidak mengetahui efek negatif dari nasi merah dan hubungannya dengan maag karena justru serat dapat membantu mengatasi asam lambung. Saran saya: coba diingat-ingat lagi saat makan beras merah organik lauknya apa? apakah makanan yang berlemak/pedas? Minumnya berkafein? Atau makan cokelat? Karena semua hal ini dapat memicu maag.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Follow twitter @Leona_victoria.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter