-->

5 Februari, Hari Berinternet Sehat

Ada banyak manfaat saat kita menggunakan internet. Di sisi lain, seiring kian populer penggunaan internet maka banyak pula ancaman mengintai. Berbagai gerakan pun bermunculan mengkampanyekan internet sehat dan aman.

Salah satunya Safer Internet Day (SID), kampanye internet sehat ini digagas oleh Insafe, sebuah organisasi yang berbasis di Eropa. Berupaya memunculkan kesadaran pengguna internet global, SID diperingati pada 5 Februari setiap tahunnya.

Adapun SID tahun ini adalah peringatan yang ke-10 dan mengusung tema 'Connect with respect'. Berdasarkan video singkat yang ditampilkan di situs SID, tema kali ini mengajak pengguna agar bertanggung jawab menggunakan internet dengan tidak mengganggu orang lain.

Seperti dilihatkan dalam tayangan video, animasi lucu dan menarik berupaya menyampaikan pesan bahwa cyber bullying adalah tindakan tercela. Banyak orang yang tidak menyukainya. Selain tidak sopan, tindakan ini juga berpotensi menyakiti pengguna yang menjadi korban.

Di negeri sendiri, ada pula gerakan serupa bernama Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch. Istilah Internet Sehat dicetuskan ICT Watch pada April 2002.

Kini, Internet Sehat mulai diakui internasional. Beberapa negara Asia kabarnya mulai tertarik menyontoh modelnya yang dianggap inspiratif. Program Internet Sehat dinilai ideal karena menyajikan program advokasi kepada publik dilakukan melalui media baru seperti Facebook, Twitter dan blog, digabungkan dengan kegiatan-kegiatan offline seperti workshop, seminar.

Ada juga booklet panduan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, merchandise hingga lomba blog sehat untuk meningkatkan awareness publik akan pentingnya berinternet secara sehat dan bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter