-->

Stop Merokok, Mendengkur pun Hilang

Ravictory » Health - KEBIASAAN mendengkur kerap membuat pasangan tidur Anda menjadi terganggu. Untuk itu, setop kebiasaan buruk ini dengan cara berikut.

Pernahkah Anda mendengar suara berisik yang berasal dari seseorang yang tengah tertidur lelap? Ya, hal itu ialah kebiasaan mendengkur. Tak hanya memalukan, kebiasaan ini juga mengganggu orang yang berada disekitar Anda. Oleh karenanya segera hentikan dengkuran Anda dengan cara berikut ini:

Dengarkan dan pelajari

Orang yang mendengkur umumnya tidak sadar bahwa ia memilki kebiasaan ini. Orang pertama yang mengetahui hal ini ialah pasangan Anda. Sesungguhnya hal ini justru menguntungkan, karena orang yang tidur sendiri umumnya tak akan mengetahuinya.

Jika Anda sudah tidur selama delapan jam namun tetap merasa tidak segar, kemungkinan penyebabnya ialah mendengkur.

Saat sesuatu menghalangi napas Anda, otot tenggorokan terlalu rilaks atau terjadi sesuatu yang menyempitkan saluran pernapasan. jaringan di bagian atas saluran napas Anda bergetar menyebabkan suara-suara keras. Pergilah ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti Anda mendengkur.

Turunkan berat badan

Bila berat badan berlebih dan menyebabkan sempitnya saluran pernapasan, hal itu yang memicu Anda mendengkur. Penelitian mengenai kebiasaan mendengkur telah menemukan bahwa umumnya yang mengalami hal ini ialah pria dan orang dengan berat badan berlebih.

Menurut Clete Kushidam M.D Direktur Stanford Sleep Medicine Centre, turunnya berat badan akan mengurangi volume dan frekuensi mendengkur Anda. Turunnya berat juga baik untuk kesehatan. Anda mungkin harus mengurangi setidaknya 10 persen dari berat tubuh untuk menemukan perbedaan dari kebiasaan mendengkur Anda, kata Nina Kolstanginova, M.D, dari Hamden Sleep Disorder Center of Connecticut, seperti dilansir Ivillage.

Berhenti merokok

Selain berat badan berlebih, merokok juga biasa ditemukan diantara orang yang mendengkur. Nikotin dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan melemahkan jaringan pada saluran napas, dan akhirnya memicu kebiasaan mendengkut, kata Dr. Kolstanginova. Untuk membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur, sebaiknya hentikan kegemaran merokok Anda.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter