-->

Sembelit Bisa Diatasi dengan Olahraga?

Ravictory » Health » Tips » Fakta - Sudah tak perlu dipungkiri kalau olahraga teratur bermanfaat bagi kesehatan. Namun ada pula yang mengatakan sulit buang air besar atau sembelit bisa diatasi dengan olahraga, benarkah demikian?

"Yah, itu tergantung pada jenis sembelit yang Anda miliki," ujar Profesor Terry Bolin, gastroenterologis dan Associate Professor of Medicine di University of NSW, seperti dikutip dari abc.net.au, Minggu (6/1/2013).

Olahraga biasanya dapat bantu meringankan sembelit yang sederhana. Sebagian besar orang mengalami sembelit karena adanya perubahan rutinitas seperti pola makan yang salah atau bepergian ke tempat baru yang menyebabkan sembelit sederhana.

Prof Bolin menjelaskan olahraga bisa meringankan sembelit karena merangsang sistem saraf dan membantu otot-otot serta saraf di usus agar bisa bekerja lebih baik dan optimal.

"Tidak ada latihan khusus untuk bantu atasi sembelit, entah itu melakukan gym, berenang, berlari atau bersepeda tidak masalah, asalkan Anda melakukan sesuatu," imbuh Prof Bolin.

Namun jika sembelit berlangsung lama seperti adanya kondisi genetik, sembelit yang sudah berkembang sejak kecil atau remaja, maka olahraga hanya sedikit membantu ringankan gejala dari sembelit.

"Ada perempuan muda yang menderita sembelit parah dan mungkin bisa tidak buang air besar selama 1-2 minggu, maka olahraga cenderung tidak memberikan manfaat pada kondisi ini," ungkapnya.

Normalnya selama proses pencernaan, makanan akan bergerak sepanjang usus besar dengan adanya kontraksi otot yang dipicu oleh stimulasi saraf di dinding usus. Pada orang yang mengalami sembelit panjang diperkirakan bermasalah pada sistem saraf yang mengendalikan saraf tersebut.

Penyebab utama sembelit sederhana adalah pola makan buruk yang kurang serat, karena serat bisa berfungsi merangsang kontraksi usus yang membantu menggerakkan makanan dalam saluran pencernaan.

Pemasangan Iklan : ravictory87[at]gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter