-->

Jatuh Cinta Pada Dosen Sendiri, Bingung untuk Ungkapkan Perasaan

Ravictory » Woman - Saya mahasiswi pasca sarjana salah satu perguruan tinggi. Saya mempunyai kecenderungan (perasaan suka) kepada salah seorang dosen saya. Saya merasa nyaman dan saya pastikan itu bukan hanya perasaan nyaman sebagai mahasiswi saja. Yang saya ketahui, meskipun beliau sudah berusia matang (45 tahun) namun beliau belum pernah berkeluarga.

Yang ingin saya tanyakan kepada Mba Ratih adalah:
1. Normalkah perasaan saya ini yang menyukai dosen saya sendiri? Sedangkan jarak usia saya dan beliau cukup jauh?
2. Bagaimana cara yang elegan agar beliau bisa mengetahui apa yang saya rasakan? Meskipun terkadang, menurut saya beliau cukup perhatian kepada saya dengan sering mencarikan atau meminjamkan literasi yang saya butuhkan.
3. Apa yang menyebabkan seorang laki-laki dewasa seperti beliau belum menikah? Bagaimana agar kita bisa mengetahui apakah beliau ada keinginan untuk menikah (normal)? Terimakasih ya.

(Arum, 26 Tahun)

Jawab:

Hi Arum,

Perasaan suka yang Anda rasakan tentu saja normal, apalagi Anda mungkin sering berinteraksi dengan dosen Anda tersebut. Perbedaan usia dalam menjalin hubungan cinta tentunya menyebabkan ada sejumlah perbedaan lain yang menyertai, seperti pengalaman, pola pikir, lingkungan pertemanan, dsb. Namun, jika ini terjadi di usia yang sama-sama dewasa (keduanya lebih dari 21 tahun), maka umumnya hal ini dapat diatasi dengan baik.

Tentunya, kita ingin orang yang kita sukai mengetahui perasaan kita kepadanya. Mulailah dengan sering berkomunikasi dengan dosen Anda tentang pelajaran dan berprestasi di kelas. Lalu, perluas obrolan dengan menunjukkan minat terhadap bidang yang dikuasainya. Oleh karena itu, perkaya pengetahuan Anda. Membangun intensitas komunikasi menjadikan Anda lebih akrab dengan dosen tersebut. Setelah akrab, Anda pun akan semakin memahami apakah perasaan yang Anda alami sekarang benar-benar jatuh cinta, atau hanya kagum semata. Tetapi ingat, ketika di dalam setting kampus, bersikaplah profesional sehingga ia tetap merasa nyaman berinteraksi dengan Anda.

Seorang pria yang berusia 40-an umumnya sudah menikah atau setidaknya memiliki keinginan untuk menikah. Namun, ada juga yang tidak begitu. Ada berbagai alasan yang mungkin menjadi penyebabnya. Misalnya : belum menemukan orang yang tepat, terlalu sibuk bekerja, mengalami ketakutan pada pernikahan atau komitmen, dsb. Bangun relasi yang lebih akrab lebih dulu. Dengan demikian semakin mudah untuk membuka pembicaraan yang lebih mendalam mengenai hal ini dengan beliau.

Pemasangan Iklan : ravictory87[at]gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter