-->

6 Cara Agar Tetap Traveling di Saat Banjir

Banjir yang melanda Jakarta, menjadi kendala bagi traveler yang ingin berkunjung ke ibukota maupun ke destinasi lain. Tapi tenang saja, 6 cara berikut ini akan tetap membuat Anda traveling di kala banjir. Yuk, dicatat!

Beberapa destinasi bisa saja terkena banjir. Seperti Ayutthaya di Bangkok yang terkena banjir selama sebulan pada akhir 2010 silam, juga Jakarta akhir-akhir ini. Jika Anda sudah terlanjur booking tiket untuk liburan atau tetap ingin liburan meski sedang banjir, maka ikuti 6 cara berikut ini.

Disusun detikTravel, Senin (21/1/2013) berikut 6 cara agar tetap traveling di saat banjir:

1. Ketahui titik-titik rawan banjir

Baiknya Anda mengumpulkan informasi sebelum berangkat untuk mengetahui titik-titik banjir. Hal ini akan membantu Anda untuk merancang itinerary. Tidak hanya bisa Anda lakukan di rumah, tapi Anda juga bisa mengetahui perkembangan banjir sepanjang perjalanan dengan membaca koran atau media online. Dapatkan terus informasi paling terbaru selama perjalanan agar Anda tahu harus ke mana dan lewat mana.

2. Catat nomor penting

Selain mengetahui titik-titik banjir, ada baiknya Anda juga mencatat nomor-nomor penting yang bisa dihubungi untuk mengetahui informasi dan perkembangan terkini. Nomor-nomor penting tersebut adalah nomor polisi, tim SAR, atau pemrov setempat.

Nantinya, nomor tersebut juga dapat membantu Anda. Anda dapat menghubungi nomor tersebut jika sedang terjebak banjit atau dapat menginfokan tentang kondisi di sekitar destinasi.

3. Siapkan peralatan anti air

Satu hal yang harus diingat sebelum traveling ke destinasi yang terkena banjir, adalah menyiapkan peralatan anti air atau waterproof. Peralatan tersebut dapat berupa tas, ataupun kantong plastik. Peralatan ini akan berguna untuk melindungi gadget Anda dari cipratan air. Tentu, Anda tak mau gadget atau kamera Anda rusak bukan?

4. Bawa barang sesuai kebutuhan

Jika traveling ke destinasi yang terkena banjir, maka bawalah barang Anda sesuai kebutuhan. Misalnya, siapkan baju atau celana lebih untuk jaga-jaga jika Anda diguyur hujan deras atau terkena banjir di destinasi tujuan.

Selain itu, jangan membawa gadget berlebih. Cukuplah membawa kamera atau handphone Anda. Baiknya, tablet atau music player lainnya Anda tinggal di rumah. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih tenang saat perjalanan, tanpa takut gadget Anda tersebut tercebur atau terkena air.

5. Pakai baju yang praktis

Celana jeans atau sepatu, kurang cocok untuk traveling ke destinasi yang terendam banjir. Siapkan kostum yang praktis agar memudahkan Anda melewati genangan air.

Pakailah celana cargo yang membuat Anda bergerak leluasa saat melewati genangan air. Sendal jepit pun menjadi pilihan tepat. Sebabnya, jika memakai sepatu, bisa-bisa Anda malah masuk angin karena sepatu terendam air dan tidak kering-kering.

6. Cari alternatif destinasi lain

Jika akses atau destinasi yang Anda tuju sudah terendam air mencapai paha orang dewasa, baiknya Anda mencari alternatif lain. Jangan paksakan diri untuk datang ke destinasi yang menjadi titik rawan banjir. Pilih destinasi lainnya yang lebih mudah dituju. Hal ini dapat Anda lakukan dengan terus meng-update informasi banjir sepanjang perjalanan.

Itulah 6 tips tetap traveling di saat banjir. Jangan lupa siapkan obat-obatan untuk menjaga kondisi tubuh. Selamat traveling!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter