-->

Pernyataan- pernyataan kontroversial dari Sir Alex Ferguson

Dalam perjalanan kariernya
sebagai legenda Manajer
Manchester United selama 26
tahun, Sir Alex Ferguson punya
banyak pernyataan menarik. Baik
tentang pemainnya, klub tetangga
yang 'berisik', Manchester City,
maupun pesaing-pesaingnya
dalam perebutan gelar juara
Premier League.

Berikut ini pernyataan-pernyataan
kontroversial Sir Alex yang dicatat
oleh media Inggris, The Guardian:

Tentang Ryan Giggs
Saya masih ingat saat pertama
bertemu dengannya. Ketika itu dia
berusia 13 tahun. Saat berlari,
Giggs seperti melayang di atas
rumput layaknya anjing pemburu
Spaniel yang sedang mengejar
kertas yang terhembus angin.

Tentang Gary Neville
Kalau saja dia satu inci (2,54
sentimeter) lebih tinggi, maka dia
akan menjadi pemain tengah
terbaik di Inggris. Tinggi ayahnya
hampir 2 meter. Coba saya cek ke
pengantar susu.

Tentang Paul Ince
Saya sempat mengatakan, ketika
seorang pemain sepak bola dalam
kondisi puncaknya, dia merasa
seakan-akan bisa memanjat
Gunung Everest dengan sandal.
Seperti itulah Paul Ince.

Tentang orang Italia
Ketika orang Italia mengatakan
kepada saya, "ini adalah pasta di
atas piring", maka saya cek di
bawah spagetti. Maklum, orang
Italia itu kan penemu filter asap.
Saat meraih tiga gelar (Liga
Inggris, Piala FA dan Liga
Champions) di musim 1998/1999
Sulit dipercaya. Saya sulit percaya
ini. Dasar, sepak bola sialan.
Ketika media mengkritik Juan
Sebastian Verón
Pergi kalian. Saya tidak mau
bicara dengan kalian (media). Dia
(Verón) merupakan pemain hebat.
Kalian bodoh semua.

Tentang Liverpool
Tantangan terbesar saya bukan
apa yang terjadi sekarang, tetapi
menurunkan Liverpool dari
tempatnya bertengger. Anda
(media) boleh tulis itu.
Tentang perebutan trofi pada
2003
Suasana saat ini makin menggelitik.
Saya menyebutnya "kegelisahan"
menjelang masa akhir kompetisi.
Saat menendang sepatu bola ke
pelipis David Beckham pada
2003
Ini kejadian yang sangat ganjil.
Kalaupun saya mencoba lagi
sebanyak 100 kali atau jutaan kali,
hal seperti itu tak akan bisa
terulang. Kalau saya mampu, tentu
saya jadi pemain (sepak bola).

Tentang Filippo Inzaghi
Mungkin dia terlahir sudah offside.
Tentang Arsène Wenger
Mereka bilang dia (Wenger) orang
pintar. Apakah Benar? Katanya ia
mampu bicara dengan lima
bahasa. Saya juga pernah
bertemu dengan bocah 15 tahun
di Pantai Gading yang juga
mampu berbicara dengan lima
bahasa.

Tentang mantan pemainnya yang
menjadi manajer
Sangat sulit mencari seorang
manajer. Sebagai contoh, tak ada
yang berpikir bahwa Mark Hughes
- mantan pemain MU - bakal
menjadi seorang manajer,
walaupun selama jutaan tahun.
Sebaliknya kita berpikir bahwa
Bryan Robson sebagai manajer
hebat (faktanya: kini tidak jadi
manajer).

Tentang wasit Alan Wiley
Kecepatan permainan dalam
sepak bola membutuhkan wasit
dalam kondisi prima. Itulah kodrat
permainan ini. Lihat saja wasit di
luar negeri yang seperti anjing
penjagal. Tapi dia  (Wiley) tidak
dalam kondisi sehat. Untuk
menghukum pemain saja
membutuhkan waktu 30 detik. Dia
butuh istirahat. Ini kan sungguh
konyol.

Tentang José Mourinho
Tentu saja dia pelatih yang
memenuhi syarat. Apalagi saat
kami bertemu untuk minum usai
pertandingan, dia memanggil saya
dengan sebutan "bos" dan "big
man". Itu akan sangat membantu
jika disertai dengan suguhan wine
yang baik. Tapi nyatanya, dia
menyguhkan saya penari yang
buruk.

Tentang Rafael Benítez saat
konferensi pers
Saya pikir dia itu pemarah. Dia
seharusnya mengerti bahwa suatu
saat akan merasa terganggu
(dikecewakan) karena alasan
tertentu. Mungkin Anda harus
memutus "urat marahnya" agar
dia mengerti bahwa perilakunya
itu konyol.

Tentang apakah Liverpool jadi
juara Liga Inggris 2007
Ah, Anda pasti bercanda. Memang
saya seperti orang yang senang
menderita? Bagaimana kalau
(Liverpool) degradasi saja?

Tentang Old Trafford
Kerumunan sudah berakhir. Di luar
sana sudah seperti pemakaman.

Tentang poster Carlos Tevez saat
pindah ke Manchester City
Ini (Manchester) City kan? Mereka
itu klub kecil, dengan mental tipis.
Mereka hanya bisa menyebut
Manchester United, dan mereka
tidak bisa menghindar dari itu.

Tentang Manchester City lagi
Kadang-kadang Anda punya
tetangga yang cerewet. Anda
tidak bisa melakukan apa-apa.
Mereka selalu ribut. Cukup nyalakan
televisi dengan volume suara yang
lebih besar.

Tentang permintaan transfer
Wayne Rooney
Kadang-kadang Anda melihat sapi
di ladang orang lebih baik dari
yang Anda punya. Percayalah,
cara memandang seperti itu tidak
akan bermanfaat.

Tentang kepergian Cristiano
Ronaldo ke Real Madrid
Anda pikir saya akan intervensi
kontrak (Ronaldo dan Madrid)
dengan membawa massa? Sama
sekali tidak! Saya tidak akan
menjual virus ke mereka. Tidak ada
kesepakatan apa pun antar kedua
klub.

Tentang titel juara Liga Inggris
ke-19 untuk Manchester United
Ini makin jauh meninggalkan
Liverpool. Jauh lebih penting status
Manchester United sebagai tim
terbaik di Inggris dari sisi
banyaknya titel juara.

Tentang titel juara Liga Inggris
ke-20
Lihat saya. Perlu 10 tahun untuk
mengalahkan saya. (Title juara ini)
sungguh hebat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter