loading...

10 Fakta wajib tau tentang Boyband & Girlband Korea

1. Semua Girlband dan Boyband Korea memiliki
leader (pemimpin)
Dan biasanya yang dijadikan leader itu adalah
personil tertua di grup atau personil yang
punya bakat kepemimpinan walaupun dia
bukan anggota tertua di grup. Contoh untuk
personel yang dijadikan leader karena dia
paling tua, Leeteuk di Super Junior, Leeteuk
pernah mengaku paling tua di suatu interview,
entah bercanda atau gak, Onew di SHINee,
dan lain-lain. Contoh untuk personel yang
dijadikan leader bukan karena dia anggota
tertua, kayak G-Dragon di Big Bang, Tae
Yeon di SNSD (Girl Generation), Choi Jong
Hoon di FT Island, U-Know Yunhoo di TVXQ,
dan CL dari 2NE1.
Apa sih persamaan dari leader-leader ini? G-
Dragon, U-Know Yunho, Leeteuk, Yoon Doo
Joon, CL, Sun Ye? Yup, semua leader ini
bergolongan darah A, rata-rata Boyband/
Girlband Korea memang mempunyai leader
yang bergolongan darah A. Ada kabar yang
menyebutkan kalau manajemen artis di Korea
memang menetapkan aturan bahwa leader
dari suatu grup (baik boyaband ataupun
girlband) harus bergolongan darah A. Orang
bergolongan darah A cenderung stabil, penuh
kharisma, bertanggung jawab serta selalu
mengikuti aturan, mungkin maksudnya disiplin
dan pembawaannya tenang.
2. Semua Girlband dan Boyband Korea
memiliki Maknae
Maknae sebuah grup harus lucu, mungkin
terlihat memaksa ya? Tetapi memang begitu
kenyataannya, maknae dari suatu grup
biasanya bersikap konyol atau bodoh. Contoh
maknae yang konyol yaitu Seungri Big Bang
sama Mir MBLAQ, gak ketinggalan juga
maknae Super Junior si Kyuhyun. Seungri
terkenal dengan ke-pede-annya yang tingkat
tinggi, dan hyung-hyung (senior)nya selalu
ngakak kalo si Seungri itu lagi ngomong pede
banget depan kamera alias narsis. Mir pun
selalu jadi bahan ketawaan hyung-nya kalo
dia nyeletuk hal yang aneh-aneh.
Manajemen memilih maknae secara khusus,
jadi ada aturan tertentu yang dilakukan
manajemen artis dalam memilih seorang
maknae untuk sebuah grup. Manajemen artis
Korea akan memilih seseorang untuk dijadikan
maknae suatu grup berdasarkan kulit dan
wajahnya! Jadi orang yang dipilih untuk
menjadi maknae itu harus punya kulit susu dan
wajah baby face. Kemudian apabila orang itu
punya kriteria kulit susu dan wajah baby face
yang sesuai, barulah manajemen melihat
bakatnya. Pantes, rata-rata maknae wajahnya
imut-imut!
Maknae biasanya dipilih terakhir. Untuk
bergabung ke suatu grup, biasanya
manajemen akan memilih maknae di urutan
terakhir. Karena alasan khusus yang disebutin
diatas tadi, makanya terkadang manajemen
kesulitan buat milih maknae dari suatu grup.
Karena maknae biasanya ditempati orang-
orang spesial, entah karena penampilannya
ataupun bakatnya. Contoh : Taemin dari
SHINee , Minwoo dari Boyfriend, Seohyun dari
SNSD (Girl Generation), Song Dong Woon dari
B2ST, Seungri dari Big Bang, Sohyun dari
4Minute, Jiyeon dari T-Ara.
Maknae tidak pernah segan membantu
hyung-hyung atau unnie-unnie nya dalam
mengerjakan sesuatu. Kalo hyung-hyung atao
unnie-unnie nya sedang repot, maknae selalu
ringan tangan untuk membantu. Bahkan
terkadang dalam suatu grup, si maknae inilah
yang paling rajin untuk melakukan pekerjaan
dalam suatu dorm. Misal, Chansung 2PM
(gambar dibawah) yang membersihkan bekas
makan hyung nya atau Seungri Big Bang
yang rela jalan kaki untuk membelikan
hyungnya minum.
Kalo maknae terkenal, memberikan
keuntungan untuk popularitas grup. Banyak
manajemen artis yang menonjolkan leader
grup untuk meningkatkan popularitas grup,
tapi seiring berjalannya waktu manajemen
artis idola ini akan menonjolkan maknae dalam
grup itu untuk meningkatkan popularitas grup.
Banyak maknae yang berhasil dalam hal ini.
Contoh : Dongho U-KISS yang telah tampil di
berbagai variety show, Jiyeon T-Ara yang
sukses dengan aktingnya, Seohyun SNSD
dengan We Got Married-nya, dan banyak
contoh lainnya. Imbas kepopuleran mereka
juga dirasakan oleh grup mereka.
3. Harus ada personel yang menonjol di grup
Dalam suatu grup idola, pasti ada satu atau
dua orang yang lebih menonjol ketimbang
personel lainnya, entah itu leader, maknae
atau bukan. Personel yang menonjol ini
biasanya mendapat perhatian lebih dari publik
entah karena personalitynya atau keahliannya.
Contoh: G-Dragon Big Bang karena
fashionistanya, Heechul Super Junior karena
kepribadiannya yang unik, Lee Gi Kwang B2ST
karena kepopulerannya sebelum bergabung di
B2ST, Yoona SNSD (Girl Generation) karena
kecantikannya dan masih banyak contoh lain.
4. Biasanya di suatu grup boyband/girlband
Korea, main/lead vocalist tidak tampak
menonjol
Suara para main vocalist ini udah gak usah
diragukan lagi deh, sudah pasti keren banget!
Tapi terkadang mereka gak terlalu dapet
perhatian lebih dari publik karena mereka
kurang menonjol dibandingkan dengan
personil lain di grup mereka. Kadang nasib
mereka menyedihkan, sudah gak pernah
dapet perhatian layak, kadang kalo grup
tampil dengan jelek, si vokalis utamanya inilah
yang kena sasaran.
Publik akan menyalahkan lead vocalist mereka
kalo grup tampil dengan suara pas-pasan ato
buruk saat show. Contoh beberapa vokalis
utama di grup tapi gak terlalu mendapat
perhatian publik: Yesung dari Super Junior,
Taeyeon dari SNSD dan masih banyak lagi.
5. Kepopuleran suatu Boyband/ Girlband gak
cuma ditunjang karena bernyanyi
Suatu grup idola di Korea akan semakin
melambung namanya kalo mereka tidak hanya
bisa bernyanyi, tapi juga melakukan kegiatan
entertainment lainnya. Contohnya aja
membintangi sebuah iklan, jadi endorse suatu
produk atau punya reality show. Banyak
contoh buat ini, misal Big Bang yang jadi
endorse FILA, iklan LG Lollipop ato tampil di
1N2D (1Night 2 Days), Super Junior yang
banyak tampil di reality show seperti Full
House, iklan Kyoochon Chicken, dan endorse
SPAO. Reality show seperti Hello Baby (SNSD
dengan SHINee), Idol Maid (B2ST), Idol Army
(FT Island dan MBLAQ). Kegiatan diluar
bernyanyi semakin meningkatkan popularitas
grup-grup idola ini di industri hiburan Korea.
6. Sedikitnya ada satu personel dari suatu
grup idola yang terjun ke dunia akting atau
MC
Setelah mereka cukup puas dengan menyanyi,
beberapa personel dari suatu grup idola
biasanya akan merambah ke dunia akting atau
MC. Beberapa mereka pasti sukses dengan
debut mereka di dunia akting atau MC ini.
Rating tayangan mereka juga sering
menduduki posisi tinggi. Ini dikarenakan
mereka telah terkenal sebagai personel dari
suatu grup idola, maka saat kemunculan
mereka sebagai aktor/aktris atau MC
sangatlah ditunggu fans setia mereka.
Terkadang ini dijadikan strategi bagi produser-
produser Korea untuk mendapatkan rating
tinggi bagi tayangan mereka. Contoh personel
grup idola yang sukses dengan karirnya selain
di bidang menyanyi: TOP Big Bang, Onew
SHINee, Siwon SuJu, Jiyeon T-Ara, Suzi Miss A,
Yoona SNSD, UEE After School, Gi Kwang
B2ST, Lee Joon MBLAQ, Jung Yong Hwa
C.N.Blue, Lee Hong Ki FTIsland dan masih
banyak contoh lainnya.
7. Semua anggota boyband dan girlband
Korea mendapatkan training
Masa training personel BB/GB itu gak singkat,
ada yang 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan
ada yang 6 tahun kayak GD sama Taeyang
Oppa, tergantung kapan manajemen itu
menilai si trainee itu udah layak buat debut
aka diorbitkan jadi penyanyi. Masa trainee
tersingkat personel grup idola yang pernah
terdengar adalah Kyuhyun dari Super Junior,
cuma 3 bulan.
8. Rata-rata semua boyband/girlband tinggal
satu rumah
Manajemen artis Korea menganggap
penempatan satu grup boyband atau girlband
dalam satu dorm/asrama, membuat manajer
gampang mengatur jadwal mereka. Di sisi lain,
dengan tinggal satu dorm, mereka dapat
dengan mudah mengenal satu sama lain.
9. Banyak personel boyband/girlband Korea
yang harus meninggalkan sekolah/kuliah demi
karir keartisannya.
Mereka harus memilih antara impian dan
kewajiban sebagai siswa. Emang
kedengarannya dilematis banget, tapi itulah
kehidupan! Harus mengorbankan yang satu
untuk mendapatkan yang lain. Sohee Wonder
Girls (gambar dibawah) salah satu contohnya,
dia rela melepaskan sekolahnya demi debut
Wonder Girls di Amerika. Tapi masih banyak
personel grup idola ini yang masih memikirkan
pendidikannya. Ada yang kemudian
mengambil ujian penyetaraan dan melanjutkan
ke universitas.
10. Semua Boyband dan Girlband Korea punya
sebutan buat fans clubnya
Di Korea fans grup idola juga punya sebutan,
dari Cassiopeia buat fans TVXQ, VIP buat fans
BIGBANG, Shawol buat fans SHINee, ELF buat
fans Super Junior, Hottest buat fans 2PM,
SONE buat fans SNSD, Blackjack buat fans
2NE1, Wonderful buat fans Wonder Girls, dan
masih banyak lagi, selain itu mereka juga
memiliki Warna resmi untuk balon dan light
stick warna ini nantinya akan menjadi warna
penanda dalam setiap penampilan mereka.

1 Response to "10 Fakta wajib tau tentang Boyband & Girlband Korea"

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin