April 16, 2013

0

Robot Pertama di Dunia

  • April 16, 2013
  • Share
  • Robot yang pertama diciptakan pada sekitar tahun 400-350 SM oleh matematikawan asal Yunani bernama Archytas dan berbentuk merpati yang bertenagakan uap. Archytas, yang juga dikenal sebagai "bapak teknik mesin", membuat robot burungnya dari kayu dan menggunakan tenaga uap untuk menggerakan robot. Burung ini kemudian digantung pada sebuah batang poros dan pada satu titik burung itu berhasil terbang sejauh 200 meter sebelum kehabisan uapnya. Ia membuat robot burung ini dalam rangka meneliti tentang bagaimana cara burung terbang. Robot merpati uap ini diketahui sebagai robot pertama yang diciptakan di dunia.


    Archytas adalah seorang filsuf, matematikawan, astronom, komandan perang, negarawan, dan ahli strategi yang sangat terkenal pada zamannya. Di antara banyak prestasinya antara lain adalah sebagai pendiri matematika mekanik (yang sekarang disebut sebagai teknik mesin). Dia juga tercatat menjadi jendral penguasa yang terpilih selama tujuh tahun berturut-turut, yang sebenarnya melanggar aturan pada saat itu, namun, karena ia tidak pernah kalah sekali pun dalam pertempuran pada masanya dan sebagai ahli strategi yang sangat handal, maka orang-orang memutuskan untuk terus memilih dia sebagai pemimpin mereka.

    Karyanya di bidang matematika sangat mempengaruhi Plato dan Euclid dan banyak yang lainnya. Di antara prestasi matematikanya adalah, dalam geometri, ia berhasil memecahkan masalah "menggandakan kubus", seperti yang diusulkan oleh Hippocrates dari Chios. Ia juga membuat kemajuan besar dalam teori musik, dimana ia menggunakan matematika untuk mendefinisikan interval pola titi nada dalam skala enharmonik sebagai tambahan bagi skala yang sudah dikenal saat itu yaitu skala kromatik dan diatonis. Selain itu, ia menunjukkan bahwa pola titi nada pada alat musik gesek juga sangat berhubungan dengan udara yang bergetar. Archytas akhirnya meninggal karena tenggelam dalam kapal yang karam, dengan tubuhnya kemudian terdampar di pantai.

    Fakta Lain Tentang Robot

    Sementara robot humanoid (robot yang berbentuk mirip manusia) yang pertama dibuat oleh Leonardo Divinci pada sekitar tahun 1495. Robot ini berwujud ksatria lapis baja yang bisa duduk, melambaikan tangan, dan memindahkan kepalanya sambil membuka dan menutup rahangnya, yang mungkin dimaksudkan untuk menakut-nakuti anak-anak yang nakal.

    Manusia pertama yang diketahui dibunuh oleh robot adalah seorang pekerja pabrik di Kawasaki Jepang pada tahun 1981, ketika sebuah lengan robot tidak dapat dikendalikan dan akhirnya menghancurkan tubuhnya.

    Cyborg pertama di dunia adalah seorang professor di bidang cybernetic yang bernama Kevin Warwick. Ia menempatkan chip komputer di lengan kirinya yang ia gunakan untuk mengontrol pintu, tangan buatan, dan kursi roda elektroniknya dari jauh. Di antara eksperimennya yang terkenal antara lain pada tahun 2002, ia menggunakan sistem sarafnya untuk terhubung melalui internet dan mengendalikan lengan robot, termasuk kemampuan untuk merasakan apa yang lengan robot tersebut rasakan melalui sensornya. Istrinya juga telah dilengkapi dengan alat yang serupa, meskipun dengan perangkat yang lebih sederhana yang terhubung ke sistem sarafnya sehingga mereka dapat "berkomunikasi" satu sama lain melalui internet.

    Referensi:

    0 Responses to “Robot Pertama di Dunia”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin