loading...

8 April 1973: Picasso Wafat

Pada 40 tahun yang lalu, seorang seniman legendaris serba bisa asal Spanyol, Pablo Picasso, meninggal dunia karena serangan jantung di rumahnya, dekat kota Cannes, Prancis. Picasso wafat di usia 91 tahun pada pukul 11.00 pagi waktu setempat.

Menurut stasiun berita BBC istri Picasso, Jacqueline, dan anak mereka, Paolo, terus mendampingi dia dari masa kritis hingga menghembuskan nafas terakhir. Dunia pun kehilangan seorang seniman yang piawai dalam melukis, memahat, merupa keramik, dan mendesain latar panggung.

Picasso menderita influenza selama musim dingin, namun ia terus melukis. Picasso berencana memamerkan 200 lukisannya dalam pameran di museum seni Avignon pada Mei 1973.

Setahun sebelum dia wafat, Museum Louvre, Prancis menggelar pameran karya sepanjang perjalanan seni rupa Picasso untuk memperingati ulang tahun ke-90. Picasso merupakan seniman pertama yang karyanya dipamerkan dalam pameran retrospektif ini.

Begitu muncul kabar duka, ungkapan belasungkawa untuk Picasso berdatangan. Pematung Henry Moore mengatakan Picasso adalah seniman berbakat alami setelah Raphael. Menteri Kebudayaan Prancis Maurice Druou menyatakan Picasso mewarnai hidupnya.

Picasso lahir di Malaga, Spanyol pada 1881. Karya pertama anak guru seni ini dipamerkan untuk pertama kalinya di Barcelona saat Picasso berusia 12 tahun. Sepanjang hidupnya, Picasso dikabarkan telah membuat 20.000 lukisan, patung, dan gambar.

Dia pun diakui sebagai salah satu seniman berpengaruh di dunia abad ke-20 dan termasuk pelopor seni kolase serta seni pahat kontemporer.

Lukisan Picasso yang paling terkenal, Guernica, terinspirasi kemarahannya kepada penghancuran kota Basque saat perang sipil Spanyol. Guernica dipamerkan di Paris World Fair pada 1937.

sumber

(rvtc/vrm)

0 Response to "8 April 1973: Picasso Wafat"

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin