loading...

5 Tips ajarkan anak suka membaca

Bisa karena biasa. Kegemaran juga muncul dari kebiasaan, salah satunya adalah kebiasaan membaca. Membaca bisa jadi hal yang membosankan bagi anak-anak. Namun sebaiknya orang tua mengajarkan anak membaca karena membaca bisa sangat berguna bagi anak di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar anak suka membaca, seperti dilansir oleh Edudemic (24/03).

1. Bacakan cerita sejak dini
Lagu-lagu dan melodi memang sangat mudah digunakan untuk menarik perhatian anak. Gunakan lagu dan bacaan bersamaan. Bacakan cerita sebelum tidur, serta lakukan dengan cara yang disukai anak.Ketika membacakan cerita pada anak, seringlah bertanya pada mereka. Buat anak merasa terlibat dalam cerita dan karakter.

2. Gunakan banyak media
Berikan buku-buku menarik, dalam berbagai warna dan ukuran. Berikan juga cerita-cerita dalam bentuk audio, CD atau DVD. Ketika anak sudah akrab dengan cerita dan tulisan, mereka akan mulai tertarik untuk membaca.

3. Contohkan membaca
Anak-anak adalah cerminan orang tua. Jika Anda ingin anak suka membaca, sering-seringlah membaca di depan mereka. Biarkan mereka melihat Anda membaca berbagai macam buku. Anda juga bisa mendiskusikan buku yang sedang Anda baca pada mereka.

4. Belajar menulis
Ketika anak mulai masuk sekolah dan bisa menulis, ajak mereka menuliskan cerita mereka sendiri. Atau jika mereka tak suka menulis cerita, Anda bisa mengajak mereka menulis apapun yang disukai. Awalnya, ini bisa jadi sulit dan canggung, namun jika dibiasakan maka anak akan menikmatinya.

5. Membahas karya tulis
Ketika anak sudah duduk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalkan kelas enam SD atau sudah masuk SMP, sebaiknya ajak mereka berdiskusi tentang buku atau pengarang yang mereka sukai. Dengan begitu, anak akan terus mengeksplorasi bacaan mereka. Interaksi orang tua dan anak mengenai kegemaran membaca dan menulis juga semakin meningkatkan minat mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan kegemaran membaca pada anak-anak mereka. Selamat mencoba!

0 Response to "5 Tips ajarkan anak suka membaca"

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin