-->

Wanita di Korea Utara Hanya Boleh Potong Rambut Bergaya 80-an

Pemerintah Korea Utara menerbitkan aturan soal gaya rambut yang boleh dimiliki oleh warganya. Gaya rambut yang diizinkan dipakai wanita dan pria sebagian besar berasal dari era tahun 80-an.

Dikutip NY Daily News, situs ifeng.com, yang dikelola jaringan Phoenix TV, Hong Kong melaporkan soal aturan gaya rambut di Korea Utara ini. Foto-foto gaya rambut yang diizinkan ini pun disebar ke berbagai salon kecantikan.

Dalam foto tersebut ditampilkan 28 model potongan rambut untuk pria dan wanita. 28 model itu terdiri dari 18 gaya rambut untuk wanita dan 10 untuk pria.

28 model rambut yang dirilis itu diklaim sebagai model rambut paling nyaman. Kenapa hanya 28 rambut itu yang diizinkan? Kabarnya karena pemerintah Korea Utara ingin melindungi warganya dari korupsi yang merupakan efek dari kapitalisme.

Dari foto terlihat, sebagian besar model yang diizinkan mirip dengan potongan rambut tahun 80-an. Baik pria maupun wanita tidak diizinkan memiliki model rambut yang aneh-aneh seperti mohawk.

Hanya saja untuk wanita yang sudah menikah, mereka bisa memiliki lebih banyak pilihan model rambut. Namun tidak demikian dengan wanita single. Pilihan model rambut hanya terbatas pada 18 foto yang diizinkan pemerintah.

Sementara para prianya, mereka dilarang memiliki rambut gondrong. Panjang rambut pria tidak boleh lebih dari 5 cm dan mereka harus memotong rambut setidaknya dua minggu sekali. Untuk pria yang sudah berumur, diizinkan punya rambut sedikit panjang. Namun tetap ada batasannya tidak boleh lebih dari 7 cm.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter