March 11, 2013

0

Manfaat Senyum Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

  • March 11, 2013
  • Share
  • Sebuah senyuman konon katanya sanggup meredakan amarah seseorang. Wow, ajaib banget kan manfaat senyum ini.

    ”Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh.” Artinya, “Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk shodaqoh.”

    Hadits ini mengajarkan kita betapa hal kecil yang sering kita anggap sepele dan kita abaikan ternyata memiliki nilai yang berharga dalam pandangan agama. Shodaqoh, merupakan aktifitas ibadah yang dijanjikan dengan berbagai balasan dan kebaikan dari Allah. Berbagai kebaikan akan didapatkan, tanpa pengorbanan yang cukup besar, seperti tenaga, waktu, ataupun biaya.

    Ali bin Abi Thalib : “pancinglah rezeki dengan shodaqoh” diperkuat dengan Sabda Rosululloh SAW : “bersegeralah bershodaqoh, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului shodaqoh”

    Di Hadits yang lain Rosulullah bersabda :” perbanyaklah bershodaqoh, sebab shodaqoh bisa memanjangkan umur”

    Banyak ahli telah melakukan survey dan penelitian tentang senyum. Ternyata, semua hasilnya membuktikan dan membenarkan dahsyatnya senyum dan sangat sejalan dengan beberapa hadits yang sudah dikemukakan.

    Berikut beberapa survey dan pendapat ahli tentang senyum:

    1. Senyum memperpnjang umur

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ernest L. Abel dari Wayne State University, Detroit, Amerika Serikat ditemukan bahwa orang yang sering tersenyum lebar memiliki umur yang lebih panjang dibanding dengan yang malas tersenyum.

    2. Senyum menurunkan resiko terkena penyakit jantung

    Pusat Pengobatan University Maryland menjalankan kajian, dan didapati 40 dari 100 orang mengidap penyakit jantung karena kurang tertawa.

    3. Senyum bisa mengurangi stres

    Tersenyum tidak hanya sebagai bahasa nonverbal yang mengindikasikan kebahagiaan tapi juga obat mujarab menghadapi peristiwa yang mengakibatkan stres,” kata peneliti Tara Kraft dari University of Kansas-majalahmalam.com. “Kami ingin memeriksa apakah senyuman bisa berpengaruh baik untuk kesehatan,”Untuk melakukan eksperimen tersebut, Kraft dan koleganya merekrut 169 partisipan. Hasilnya, yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, tersenyum bisa mengurangi stres, atau meredakan suasana hati yang sebenarnya.

    4. Senyum membuat tampilan lebih muda

    Tidak perlu repot-repot menjalani operasi atau menghabiskan uang dengan membeli krim anti keriput, untuk mempertahankan tampilan awet muda. Hanya diperlukan senyuman untuk mendapatkan tampilan lebih muda dalam waktu instan. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Max Planck Institute, Berlin, Jerman.

    Penelitian melibatkan 150 partisipan. Seluruh partisipan diminta untuk melihat 1000 foto wajah. Pada beberapa foto, menampilkan wajah yang tersenyum. Di sisi lain, diperlihatkan juga foto dengan ekspresi wajah marah, takut, jijik, atau sedih. Kemudian, partisipan diminta untuk menebak usia dari orang-orang yang ada di foto tersebut. Dalam penelitian itu peneliti menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki pengaruh besar pada berapa orang dengan usia lebih tua. Tersenyum membuat penampilan seorang menjadi lebih muda. Bahkan, kebanyakan orang cenderung meremehkan usia seseorang ketika melihat foto mereka yang sedang tersenyum.

    Peneliti memberikan beberapa alasan terkait efek tersenyum terhadap usia. Pertama, akan sulit untuk mengatakan apakah kerutan yang terlihat di wajah ketika tersenyum bersifat sementara atau permanen. Kedua, dengan tersenyum seseorang akan terlihat lebih menarik dan memberikan efek positif layaknya anak muda. Sehingga orang lain akan menilai mereka lebih muda dari usia yang sebenarnya.

    5. Senyum memperindah wajah dan meredakan stres

    Pakar kesehatan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Rahma Kusumawardani mengatakan, senyum memberikan banyak manfaat, selain memperindah wajah, juga mampu meredakan stres.

    “Senyum merupakan ekspresi wajah yang terbentuk oleh tertariknya otot-otot di sudut-sudut mulut. Ekspresi ini biasanya menggambarkan perasaan senang dan gembira,” katanya.

    So.. Jika kita ingin sehat, panjang umur dan memiliki banyak teman serta hati dan jiwa yang sehat dan lapang, tersenyumlah. Ya, tersenyum akan menyehatkan baik fisik maupun jiwa kita.

    sumber

    0 Responses to “Manfaat Senyum Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa ”

    Post a Comment

    This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

    Cheers,

    Admin