loading...

10 Politisi Paling Kaya di Dunia

Politisi kaya memang sudah tidak heran lagi banyak politisi di dunia ini yang memiliki harta selangit dan memiliki kekuasan,  seperti di kutip dari detik.com berikut ini 10 politisi paling kaya di dunia mau tahu siapa saja mereka simak berikut ini.

1. Kandidat Senat AS Jeff Greene

Kekayaan kandidat senat dari Partai Demokrat Amerika Serikat ini mencapai US$ 2,1 miliar. Saat maju, dia kalah dalam pertarungan internal dari kandidat lain Kendrick Meek.

Jeff menduduki peringkat 200 di jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Dia adalah pebisnis properti dan perusahaan investasi.

2. Presiden Chile Sebastian Pinera

Sebastian Pinera adalah Presiden Chile sejak tahun 2010 hingga sekarang. Dalam catatan Forbes, dia memiliki kekayaan sebesar US$ 2,4 miliar.

Sejak terpilih tahun 2010, Pinera terus berkampanye akan menjual perusahaannya. Benar saja, dia saat itu menjual 26 persen sahamnya di perusahaan penerbangan Chile, lalu menjual juga TV Chilevision dan klub sepakbola Blanco & Negro.

Namun sejak tahun lalu, kekayaan Pinera terus menurun karena kondisi perekonomian yang semakin memburuk.

3. PM Libanon Najib Mikati

Forbes mencatat kekayaan Perdana Menteri Najib Mikati sebesar US$ 3 miliar. Dia menjabat sejak Januari 2011 hingga sekarang.

Najib menjadi perdana menteri Libanon saat kondisi politik negara tersebut sedang sulit. Kekerasan menghantui wilayahnya dan negara tetangga seperti Suriah. Mikati kerap menggunakan twitter untuk menjelaskan kebijakannya.

Mikati adalah pebisnis ulung di bidang telekomunikasi. Dia mendirikan perusahaan Investcom bersama saudaranya pada tahun 1982 lalu menjualnya di bulan Juni 2006 ke perusaahaan asal Afrika Selatan.

4. Politisi Mesir Naguib Sawiris

Kekayaan pendiri Partai Liberal Mesir ini berbeda tipis dengan Najib Mikati. Dia tercatat oleh Forbes memiliki harta senilai  US$ 3,1 miliar. Wow!

Sawiri terjun ke dunia politik saat partainya terbentuk tahun lalu. Dia adalah tokoh yang paling gencar mempromosikan pasar bebas dan pemerintahan sekuler.

Sosok Sawiris sempat menjadi kontroversi kala dia berkicau di twitter dengan gambar Mickey Mouse berjanggut dan Minnie yang berjilbab. Aksi ini diprotes oleh kalangan Islam garis keras Mesir.

5. Senator Rusia Andrei Guriev

Andrei Guriev adalah senator untuk Dewan Federasi Rusia sejak tahun 2001. Dia adalah mantan pemimpin komunis yang berubah menjadi miliuner dengan bisnisnya di bidang pertambangan dan pertanian.

Guriev berubah menjadi kapitalis saat bekerja sama dengan grup Mikhail Khodorkovsky Menatep. Mereka memproduksi konsentrat fosfor pupuk terbesar kedua di dunia.

6. Politisi AS Henry Ross Perot Sr.

Kandidat Presiden Amerika Serikat yang maju pada tahun 1992 dan 1996 ini memiliki kekayaan sebesar US$ 3,5 miliar. Dia adalah pebisnis ulung di bidang pertambangan, properti dan industri mesin.

Pada tahun 1992, dia menghabiskan US$ 60 juta untuk kampanye dan mendapat 19 persen suara. Namun jumlah itu tak cukup untuk membuatnya jadi presiden AS.

Lalu pada tahun 1996 dia kembali maju sebagai kandidat, namun gagal pula dengan hanya memperoleh suara 8 persen dengan partai Reformasi.

7. Eks PM Italia Silvio Berlusconi

Politisi penuh kontroversi Silvio Berlusconi masuk dalam jajaran elite orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 5,9 miliar.

Selama tiga tahun menjabat sebagai perdana menteri, Berlusconi selalu diliputi kontroversi. Dia pernah terlibat skandal seks hingga korupsi. Pemilik klub AC Milan itu bahkan pernah masuk penjara.

Sebelum menjadi politisi, Berlusconi adalah pebisnis di bidang konstruksi. Belakangan, dia juga pemilik beberapa media di Italia.

8. Kandidat PM Georgia Bidzina Ivanishvili

Kekayaan Bidzina hampir setengah total pendapatan negara Georgia, yaitu US$ 6,4 miliar. Dia kini, maju sebagai kandidat perdana menteri negara mungil tersebut.

Bidzina yang berasal dari keluarga miskin ini mengawali bisnisnya dengan usaha properti. Dia juga sukses dengan usaha telekomunikasi dan metal baja.

Oleh Forbes, dia dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia peringkat ke 153.  Dia adalah orang Georgia terkaya saat ini.

9. Pemimpin Partai Sayap Kanan Rusia Mikhail Prokhorov

Mikhail Prokhorov adalah kandidat Presiden Rusia pada pemilihan beberapa bulan lalu. Kekayaannya diestimasi mencapai US$ 13,2 miliar.

Bisnis  Pokhorov bergerak dalam bidang perbankan dalam bendara Grup Onexim dan industri. Dia juga jadi pemilik klub basket di Amerika Serikat New Jersey Nets.

Sejak menjadi miliuner karier politiknya terus melonjak. Terakhir dia maju sebagai kandidat presiden namun kalah oleh Vladimir Putin. Dia hanya memperoleh suara 8 persen.

10. Wali Kota New York Michael Bloomberg

Wali Kota New York Amerika Serikat, Michael Bloomberg menjadi politisi terkaya sejagat raya. Dia memiliki kekayaan hingga US$ 22 miliar. Forbes menobatkannya sebagai orang nomor 11 terkaya di dunia.

Bisnis utamanya yang paling terkenal di bidang media. Dia menguasai sebagian besar stasiun televisi, majalah, hingga koran cetak di AS.

Sama seperti Berlusconi, Bloomberg juga punya kontroversi. Dia pernah dituding melakukan kekerasan seksual pada pekerjanya tahun 1997. Namun tudingan ini jelas dibantah. (rvtc/is)

sumber

0 Response to "10 Politisi Paling Kaya di Dunia"

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin