-->

Survei Unpad: Elektabilitas Rieke-Teten Melesat

Elektabilitas pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki melesat pesat dari hasil survei yang dirilis Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (P2KS) Jurusan Statistika Universitas Padjadjaran (Unpad).

Hasil survei terakhir yang dilakukan pada 11-17 Februari dengan 2.313 responden, Rieke-Teten ada di posisi ketiga dengan tingkat elektabilitas 22,81 persen di bawah Dede Yusuf-Lex Laksamana dan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

Sedangkan dari survei kedua pada Desember lalu, Rieke-Teten tingkat elektabilitasnya hanya 10,44 persen. Di posisi pertama dan kedua tetap ditempati Dede-Lex dan Heryawan-Demiz.

Survei kedua dan ketiga dilakukan setelah kandidat berpasangan. Sedangkan survei pertama dilakukan saat kandidat belum berpasangan.

"Terlihat signifikan sekali antara survei yang kedua dan ketiga," kata Ketua P2KS Toni Toharudin di Kampus MIPA Unpad, Jalan Ir Djuanda, Selasa (19/2/2013).

Meningkatnya elektabilitas Rieke diprediksi karena strategi kampanye yang diterapkan. Salah satunya karena pelibatan Jokowi dalam kampanye kandidat nomor urut 5 ini.

"Kemungkinan (Rieke-Teten) bisa jadi kuda hitam di akhir pilgub ini kalau ada momentum yang sangat baik yang membuat masyarakat bisa berubah (pilihan)," jelas Toni.

Dari hasil survei, Dede-Lex meraih elektabilitas tertinggi dengan 33,44 persen. Posisi kedua ditempati Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dengan prosentase 29,30.

Posisi tiga hingga lima masing-masing ditempati Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki 22,81 persen, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim 13,36 persen, dan Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib 1,09 persen.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter