-->

Survei: 64% Orang Pakai Batik Karena Bangga & Cinta Indonesia

Batik menjadi salah satu ciri khas Indonesia di ranah internasional. Tak heran bila banyak orang suka memakai batik. Berbagai alasan pun mereka lontarkan saat ditanya 'Mengapa suka pakai batik?'. Berdasarkan survei wolipop, 64 persen orang bangga memakai batik karena cinta tanah air.

"Batik itu menunjukkan citra bangsa dan pas pakai rasanya bangga," papar Febri melalui akun Twitternya, Selasa (27/11/2012).

Ada juga yang mengungkapkan alasan memakai batik agar tidak dilupakan oleh generasi muda serta tidak diakui oleh negara lain. "Soalnya kalo pakai batik itu Indonesia banget dan biar batik nggak dilupain sama generasi muda," ujar Chika. "Bangga mencerminkan budaya bangsa biar nggak diklaim sama negara orang," tambah Soraya, responden wanita dari 134 orang yang menjawab survei wolipop secara online mengenai batik.

Selain bangga dengan negeri ini, sebagian responden gemar menggunakan karya budaya nenek moyang Indonesia karena motifnya yang cantik serta nyaman dipakai. Sebagian dari mereka juga menganggap corak batik sangat unik dan memiliki khas tersendiri. Salah seorang responden bernama Ristra menambahkan bahwa saat ini potongan serta corak batik telah dikembangkan sehingga membuat anak muda tidak merasa tampak tua ketika memakai batik. "Batik sekarang model dan motifnya sudah dimodernisasi, jadi anak muda pun nggak merasa tua kalau pakai batik."

Tidak hanya itu saja, sekitar 17 persen responden mengaku senang mengenakan batik karena dapat dipakai ke berbagai acara. "Simpel dan sopan. Nggak bisa saltum (salah kostum) kalau pakai batik, mau ke event resmi atau meeting kantor, cukup satu dress batik, tapi beda sepatu," tulis Triana melalui akun Twitternya.

Sudah membiasakan diri memakai batik? Yuk, lestarikan warisan budaya negeri ini dengan ikut menggunakannya saat beraktivitas. Tidak lupa membiasakan diri mengetahui sejarah serta proses pembuatan batik agar semakin cinta dengan karya budaya Indonesia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter