-->

Seks Bakar Banyak Kalori? Ah, Itu Cuma Mitos

Seks telah lama digembar-gemborkan sebagai salah satu cara jitu untuk membakar kalori dan 'menyulap' tubuh Anda menjadi lebih kurus. Bahkan konon saat bercinta jumlah kalori yang terbakar mencapai 300 kalori. Tapi nyatanya sebuah studi terbaru menemukan bahwa ini hanyalah mitos belaka.

Menurut peneliti David Allison dari University of Alabama, Birmingham, setiap sesi aktivitas seksual yang dilakukan pasangan rata-rata hanya berlangsung selama enam menit dan membakar sekitar 21 kalori saja, sama halnya dengan berjalan kaki.

Kesimpulan ini diperoleh setelah Allison me-review sejumlah riset tentang berbagai hal yang dikatakan meningkatkan risiko obesitas seseorang seperti ngemil, melewatkan sarapan atau pelajaran kesehatan jasmani di sekolah pada anak-anak.

Allison menegaskan bahwa mengikuti kelas olahraga, baik yang durasinya lama atau intens sekalipun tak dapat memberikan perbedaan berarti bagi penurunan berat badan. Begitu juga dengan melewatkan sarapan karena itu bergantung pada kebiasaan orang yang bersangkutan, apakah ia sering melewatkan sarapan atau tidak.

Lagipula untuk urusan menurunkan berat badan, Allison menyimpulkan bahwa tak ada studi yang mengindikasikan bahwa ngemil memiliki efek negatif terhadap program diet yang dilakukan seseorang. Bahkan orang-orang yang berhasil menurunkan berat badannya dengan cepat justru memiliki berat badan yang lebih rendah ketimbang orang-orang yang berupaya untuk kurus dengan cara yang lebih lambat.

Untuk itu, Allison malah menyarankan agar orang-orang yang ingin kurus untuk memiliki target penurunan berat badan yang sangat ambisius karena itu akan memberikan motivasi tinggi dan terbukti berhasil bagi sebagian orang.

"Yang penting buktinya dulu," pungkas pakar biostatistika tersebut seperti halnya dikutip dari Daily Mail, Sabtu (2/2/2013).

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter