-->

Pariwisata Indonesia Siap Unjuk Gigi di Berlin

Internationale Tourismus Boerse (ITB), adalah pameran wisata terbesar dunia yang akan berlangsung di Berlin, Jerman, Maret mendatang. Dalam pameran ini, Indonesia akan menampilkan banyak destinasi, wisata kuliner, dan pagelaran budaya.

"Sebagai negara mitra, Indonesia akan menjadi host acara pembukaan ITB pada 5 Maret 2013 akan datang dan dihadiri oleh 4500 undangan," demikian Menteri Priwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu melalui Sekretaris II Penerangan Sosial Budaya KBRI Berlin Purno Widodo kepada detikTravel, Sabtu (23/2/2013).

Dalam ITB Berlin 2013 kali ini, Indonesia akan terus meningkatkan citra pariwisata di dunia melalui event prestisius. Dengan pesan pencitraan, Wonderful Indonesia Where the Heart Matters.

Menurut Mari Elka, hal utama yang membedakan Indonesia dari negara lainnya di bidang pariwisata amat nyata, yaitu karunia alam sangat indah dan budaya adiluhung dan pluralis.

"Masyarakat Indonesia selalu bersyukur dan menjaga anugerah Tuhan sehingga membuat mereka selalu terlihat bahagia, yang tercermin dari senyum setiap masyarakatnya," papar Menparekraf.

Pada pembukaan ITB Berlin 2013, Indonesia akan mengusung berbagai pagelaran budaya seperti Tari Saman Gayo, Tari Kecak, Tari Wira Pertiwi, Poco-poco, serta musik sasando Jakob Bulan. Shandy Sondoro dan Eka Deli dengan iringan Berlin Chamber Orchestra dan konduktor Aminoto Kosim, juga akan memeriahkan suasana.

Kuliner Indonesia juga siap ditampilkan, seperti nasi tumpeng dan rendang serta ragam lainnya akan disajikan sebagai hidangan resepsi di akhir acara oleh Master Chef Vindex Tanker, yang telah malang melintang di berbagai hotel berbintang di Jakarta dan Amerika. Sajian ini akan dikemas apik dalam tema Nature-Arts-People.

Selain tampil total di panggung pembukaan, Indonesia akan menyajikan berbagai promosi beragam destinasi. Indonesia akan menggaet para pemburu matahari dan pantai, hutan perawan, area menyelam, lanskap gunung berapi yang menakjubkan, serta wisata kota kaya tradisi dan budaya.

Paviliun Indonesia akan menempati area seluas 542 m2 dengan disain berbentuk perahu pinisi. Di dalamnya berisi meja-meja untuk pertemuan bisnis pengusaha pariwisata, spa and culinary room, VIP room, coffee corner, juga panggung kesenian dengan berbagai atraksi budaya.

Secara keseluruhan, tema yang dibidik Indonesia adalah budaya dan tradisi, ekoturisme, olahraga wisata, kapal pesiar, kuliner, wisata belanja, spa and wellness dan bisnis MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions). Tak hanya itu, tradisi pengantin Betawi hingga Solo Batik Carnival juga akan menghiasi atmosfir di sekitar Hall 26 tempat di mana Paviliun Indonesia berada.

Paviliun Indonesia akan diisi oleh tak kurang dari 91 industri wisata Indonesia dan 9 dinas pariwisata daerah. Sebelumnya, pada 2012 Indonesia mengikutsertakan 60 industri pariwisata dan 8 dinas pariwisata daerah.

Tahun lalu ajang ini diikuti oleh 180 negara dengan jumlah pengunjung 172.132 orang dan diliput oleh 8000 wartawan dari 94 negara. Sejak tahun 1967, Indonesia selalu mengikuti ajang promosi di ITB Berlin ini.

Related Posts

1 comment

  1. Memang kalalu membahas Pariwisata Indonesia tidak akan pernah ada habisnya... sebab indonesia adalah negara yang di ciptakan sebagai pusat pariwisata dunia...

    ReplyDelete

Post a Comment

This Blog is DOFOLLOW, Well Please Comment and are not included in spam Thank You..

Cheers,

Admin

Subscribe Our Newsletter