-->

Mitos Seputar Kebersihan Kamar Mandi Umum Ini Tidak Perlu Dipercaya

Semua orang merasa sedikit khawatir saat akan menggunakan kamar mandi umum karena mengetahui bahwa fasilitas umum yang digunakan bersama-sama dengan orang banyak dipenuhi oleh bakteri dan virus. Beberapa orang bahkan mempercayai mitos-mitos seputar kamar mandi umum yang kotor dan membuatnya enggan menggunakan fasilitas tersebut.

Bagaimanapun juga ketika Anda pergi ke tempat-tempat umum seperti mall, bioskop atau restoran, Anda tetap membutuhkan kamar mandi setidaknya untuk buang air kecil atau cuci tangan.

Ada beberapa mitos seputar kamar mandi umum yang perlu Anda abaikan, seperti dilansir BestHealth, Senin (11/2/2013) antara lain:

1. Kamar mandi umum adalah fasilitas umum yang paling kotor dan penuh bakteri

Ini hanya sebuah mitos, karena Anda lebih mungkin tertular virus atau kuman penyakit ketika sedang berada di lift daripada di kamar mandi. Hal ini disebabkan karena virus lebih mudah menyebar di ruang sempit dan memiliki ventilasi yang buruk dan memudahkan penularan dari satu orang ke orang lain.

Sebagian besar kamar mandi umum kini telah memiliki ruang yang cukup luas dan ventilasi yang baik, sehingga mempersulit penularan virus.

2. Duduk pada dudukan toilet yang ditutup tidak menyebabkan kontak dengan bakteri

Faktanya, bakteri jenis Staphylococcus Aureus tetap dapat bertahan hidup pada permukaan toilet untuk jangka waktu yang lama. Sehingga, duduk pada dudukan yang ditutup tidak membuat Anda aman dari paparan bakteri penyebab infeksi kulit ini.

3. Menyiram toilet sebelum menggunakannya dapat membuat toilet lebih bersih

Air yang menggenang di toilet untuk sementara waktu merupakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Jika Anda menyiram toilet terlebih dahulu sebelum duduk di toilet untuk buang air kecil, dapat menyebabkan permukaan air tertanggu dan bakteri akan terpencar ke segala arah di udara. Selain dapat menempel pada organ intim, dapat juga terhirup.

4. Mencuci tangan di kamar mandi umum yang kotor sangat berbahaya

Faktanya adalah mencuci tangan yang benar, bahkan di kamar mandi umum yang kotor sekalipun, tetap meningkatkan kebersihan. Berikut adalah cara untuk mencuci tangan di kamar mandi umum yang tepat:

- Basahi tangan Anda dengan air
- Menempatkan sejumlah kecil sabun cair di tangan
- Gosokkan kedua tangan selama 20 detik untuk menghasilkan busa. Pastikan Anda menggosok pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan di bawah kuku
- Bilas tangan Anda dengan air mengalir selama setidaknya 10 detik
- Ambil handuk atau tisu untuk mengeringkan tangan Anda. Gunakan handuk itu untuk mematikan keran. Jangan menyentuh keran dengan tangan yang telah bersih
- Ambil selembar tisu untuk membuka pintu kamar mandi

5. Menekan tuas penyiram toilet dengan kaki agar terhindar dari bakteri

Bagian kamar mandi yang akan memiliki banyak bakteri di atasnya adalah tuas toilet yang digunakan untuk menyiram toilet. Namun, menekan tuas toilet dengan kaki dapat meningkatkan risiko cedera yang mungkin lebih besar, seperti tergelincir dan jatuh. Tekanlah tuas penyiram toilet dengan tangan yang telah dibalut dengan gumpalan tisu toilet.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter