-->

Mendagri: Pemilih Pemilu Kada Cenderung Turun

Jumlah warga negara yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Kada cenderung meningkat. Salah satu faktor penyebabnya adalah hari-H yang jatuh pada hari libur sebagaimana berlangsung dalam Pilgub Jawa Barat.

"Rata-rata pemilihan kepala daerah memang cenderung turun (pemilih) sekitar 60-an persen. Mungkin yang Jabar kemarin karena hari libur," kata Mendagri Gamawan Fauzi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Menurut Gamawan hari yang efektif melakukan pencoblosan adalah hari kerja pada pertengahan pekan yang diliburkan. Sebab masyarakat tidak sedang berlibur bersama keluarganya.

"Biasanya yang paling efektif hari yang diliburkan. Kalau hari libur banyak yang berlibur. Bagusnya hari yang diliburkan seperti beberapa daerah hari Rabu atau Kamis. Itu orang tidak kemana-mana," jelasnya.

Mengenai Pilgub Jabar, Gamawan mengapresiasi masyarakat Jabar yang telah menggunakan hak pilihnya. Sejauh ini Pilgub Jabar berjalan lancar tanpa gangguan.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jabar menyelenggarakan pemilu dengan sangat baik, lancar, dan hampir tidak ada kasus-kasus yang menganggu pesta demokrasi. Kita tinggal tunggu penghitungan resmi, mudah-mudahan sampai pelantikan nanti tidak ada masalah," ungkapnya.

Mengenai indikasi rawan kecurangan, Gamawan berharap tidak ada. Namun hal itu baru terlihat nanti setelah penghitungan resmi usai dilakukan oleh KPU.

"Kan sudah ada yang katakan tidak akan banding. Kita lihat juga mungkin akan ada yang sampaikan keberatan ke MK. Kita lihatlah setelah penghitungan. Tapi secara keseluruhan kita menilai baik," tutupnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter