-->

Jadi Vegetarian, Risiko Sakit Jantung Turun 30 Persen

Konsumsi daging merah, apalagi yang berlemak banyak dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Penelitian terbaru membuktikan hanya dengan menjadi seorang vegetarian, risiko sakit jantung bisa turun hingga 30 persen.

Diet vegetarian atau tidak mengonsumsi daging dalam bentuk apapun mulai banyak dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup. Manfaatnya tentu ada, karena sayur dan buah-buahan adalah sumber utama berbagai nutrisi penting seperti serat dan vitamin.

Satu lagi manfaat menjadi seorang vegetarian dibuktikan dalam sebuah penelitian di University of Oxford. Penelitian yang melibatkan 45.000 orang di Inggris dan Skotlandia tersebut membandingkan diet atau pengaturan pola makan dengan risiko penyakit jantung.

Dalam pengamatan berkelanjutan selama 11,6 tahun, sebanyak 1.066 partisipan tercatat pernah masuk rumah sakit dengan keluhan yang berhubungan dengan sakit jantung. Dari angka tersebut, sebanyak 169 partisipan akhirnya meninggal dunia karena penyakitnya.

Ketika dibandingkan dengan pola makan, tampak adanya perbedaan risiko pada partisipan yang mengonsumsi daging dengan yang hanya mengonsumsi sayur dan buah. Para vegetarian yang hanya mengonsumsi sayur dan buah teramati memiliki risiko sakit jantung 32 persen lebih rendah.

"Sebagian besar mungkin disebabkan oleh efek kolesterol dan tekanan darah, dan hasil ini menunjukkan pentingnya diet dalam pencegahan penyakit jantung," kata Dr Francesca Crowe, salah seorang peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (31/1/2013).

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition tersebut, alasan utamanya adalah perbedaan kolesterol dan tekanan darah. Partisipan yang mengonsumsi daging terutama yang banyak lemak kolesterol dan tekanan darahnya cenderung lebih tinggi.

Hasil penelitian ini tidak lantas menganjurkan agar semua oarng menjadi vegetarian, tetapi menambah daftar manfaat sayur dan buah. Bagaimanapun, bagi kebanyakan orang konsumsi daging tetap dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu seperti zat besi misalnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter