-->

Berlebihan Minum Kopi Saat Hamil Bikin Bayi Lahir Terlalu Mungil

Ketagihan kopi susah diatasi, tak terkecuali pada ibu hamil. Padahal menurut penelitian, berlebihan mengonsumsi kopi saat hamil berisiko memicu kelahiran bayi dengan berat badan terlalu rendah. Risikonya, bayi tumbuh tidak sehat.

Kesimpulan ini didasarkan pada hasil penelitian terhadap 60 ribu ibu hamil di Norwegia selama kurun waktu 10 tahun. Penelitian tersebut membandingkan berapa banyak kopi yang dikonsumsi para ibu hamil dengan berat badan bayi pada saat lahir.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa konsumsi kopi dengan kandungan kafein 200-300 mg berisiko menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang dikategorikan kecil. Bukan itu saja, konsumsi kopu yang berlebihan juga memperpanjang usia kehamilan hingga 62 persen.

"Terlahir kecil bisa membuat bayi mengalami gangguan pertumbuhan yang bisa memicu obesitas, diabetes dan beberapa jenis kanker saat dewasa," kata Dr Euan Paul dari British Coffee Association seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/2/2013).

Agak berbeda dengan penelitian-penelitian terdahulu, konsumsi kopi yang berlebihan pada ibu hamil dalam penelitian ini justru memperlama masa kehamilan selama 8 jam tiap cangkirnya. Padahal menurut beberapa penelitian sebelumnya, konsumsi kopi justru bisa memicu kelahiran prematur.

Sebagai gambaran, secangkir kopi instan mengandung rata-rata 100 mg hingga 140 mg kafein, sedangkan kopi yang dijual di coffeeshop bisa mengandung 300 mg kafein. Di negara-negara Skandinavia, anjuran minum kopi untuk ibu hamil tidak lebih dari 200 mg.

Perlu dicatat pula, kandungan kafein tidak hanya ditemukan pada kopi. Beberapa jenis minuman lainnya seperti teh, minuman bersoda dan bahkan cokelat juga mengandung kafein. Berbagai minuman tersebut kadang terlupakan dan tidak diperhitungkan kandungan kafeinnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter