-->

#Travel Highlight Bogor : Tips Jalan-jalan di Kota Hujan Bogor

Bogor - Cuaca mendung, hujan dan banyaknya angkutan umum, adalah beberapa kendala yang harus Anda hadapi saat berlibur di Bogor. Agar tetap asyik dan bisa menikmati liburan di Bogor, catat dulu 6 tips jitu ini!

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (10/1/2013) berikut adalah 6 tips jalan-jalan di Kota Hujan:

1. Sedia payung dan jas hujan

Sesuai dengan julukannya Kota Hujan, Bogor seolah tak pernah kering. Saat musim hujan, sepanjang hari kota ini selalu diguyur hujan. Begitupun saat musim panas, pada waktu tertentu langit tetap mendung dan terkadang hujan turun.

Untuk itu, sebaiknya Anda selalu membawa jas hujan dan payung. Kedua benda ini menjadi penolong ketika hujan di Bogor. Dengan begitu, Anda tetap bisa keliling Bogor tanpa harus membuang waktu untuk bertuduh, kecuali hujan sangat lebat dan disertai angin kencang.

2. Susun rencana perjalanan

Cuaca yang tak menentu, mengharuskan Anda pintar menyusun itinerary. Sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi agar punya waktu yang lebih lama. Kalau hujan turun dari pagi dan Anda sudah terlanjur pergi ke Bogor sebaiknya memilih destinasi indoor, seperti museum atau wisata kuliner yang memiliki tempat makan dalam ruaangan.

Akan tetapi, bila cuaca mendukung Anda bisa berkunjung ke destinasi outdoor, seperti Kebun Raya Bogor. Selain itu, rencana perjalanan juga membantu Anda untuk mengatur waktu dan puas liburan di Bogor tanpa ada destinasi yang terlewat.

3. Pahami rute jalan

Sama seperti Bandung, di Kota Bogor banyak diberlakukan jalan satu arah atau one way. Untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami rute jalan. Setelah menentukan destinasi yang ingin dituju, Anda bisa mempelajari rute yang akan dilewati.

Untuk mempermudah, Anda bisa melihat peta wisata, google maps, atau aplikasi peta di ponsel. Di aplikasi tersebut, Anda bisa melihat panah penunjuk arah. Jangan sampai Anda terkena tilang!

Beberapa jalan satu arah di Bogor, misalnya Jalan Surya Kencana, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pemuda. Adapun jalan yang memberlakukan separuh one way misalnya Jl Jalak Harupat dari Pangrango Plaza sampai pertigaan Jalan Salak.

4. Pahami rute angkutan umum

Selain Kota Hujan, Bogor juga dijuluki sebagai Kota Sejuta Angkot. Buat traveler yang tidak membawa kendaraan pribadi, wajib tahu rute angkutan umum di Bogor. Kalau tidak Anda pasti bingung. Bayangkan saja, ada lebih dari 20 trayek angkot di Bogor.

Untuk mencari informasi daftar rute angkutan di Bogor, Anda bisa buka situs resmi pemerintah Kota Bogor. Kalau mau, bisa juga bertanya pada sopir angkutan umum di Bogor. Dengan senang hati, mereka akan memberitahu angkot mana yang harus Anda naiki. Satu lagi, di kota ini sulit bagi Anda menemui taksi.

5. Bawa cemilan

Saat akhir pekan dan libur nasional, kemacetan di Bogor tak beda jauh dengan Jakarta. Selain dipadati kendaraan pribadi, banyaknya angkutan umum jadi salah satu penyebab kemacetan.

Dalam situasi ini, cemilan dan minum jadi pelengkap yang wajib dibawa. Bosan menghadapi kemacetan jalan, Anda bisa makan cemilan sambil mendengarkan musik di dalam kendaraan.

6. Coba wisata kuliner khas Bogor

Kota Bogor juga menjadi surga bagi pecinta kuliner. Jangan lagi mencari restoran atau makanan cepat saji! Kuliner nikmat, mulai dari yang murah sampai mahal ada di kota ini.

Anda bisa menuju Jalan Surya Kencana, di sanah ada penjual Soto Mie Bogor, Toge Goreng, dan pedagang kaki lima lainnya. Bisa juga Anda nongkrong sambil makan ke Macaroni Panggang dan Rumah Cup Cakes di sekitar Taman Kencana, Kedai Kita dan Pia Apple Pie di Jalan Pangrango dan masih banyak lainnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter