-->

Tips BerFacebook Untuk Para Guru

Tips Facebook ini akan kami bagikan karena semakin banyaknya pengguna Facebook yang menggunakan akunnya tidak sesuai dengan beberapa norma yang berlaku di sekitar kita. Apalagi jika pengguna Facebook tersebut adalah seorang guru yang notabene merupakan sosok panutan yang sangat dihormati oleh banyak orang, terutama murid-muridnya. Karena itulah akan lebih baik jika tidak sembarangan menggunakan akun Facebook, karena semua itu akan berpengaruh pada sikap orang lain terhadap kita.

Baiklah langsung saja pada inti dari artikel ini yaitu akan membahas tentang tips Facebook untuk para guru agar dapat mengelola akunnya dengan lebih baik, diantaranya adalah :

1. Hapus status dan foto tidak penting

Saat Anda bekerja menjadi guru untuk pertama kalinya, maka kesan yang harus Anda berikan adalah sopan dan bisa menjadi panutan bagi para murid. Karena itu jika sebelumnya Anda telah lama mempunyai akun Facebook dan banyak memposting berbagai status yang “lebay” atau “galau” maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu menghapusnya. Demikian juga dengan foto-foto yang kurang pantas yang sebelumnya pernah Anda unggah. Hal ini untuk menghindari murid atau rekan kerja baru menganggap Anda masih seperti yang tergambar dari beberapa postingan tersebut.

2. Tidak berteman dengan siswa

Dengan alasan mempermudah komunikasi dan menjalin keakraban, mungkin Anda akan lebih senang jika berteman dengan murid Anda di Facebook. Namun Anda harus berhati-hati dalam memilih langkah ini. Dengan tidak menjadi teman murid Anda di Facebook, maka hubungan Anda dengan murid akan menjadi lebih profesional.

3. Mengatur privasi akun

Ada baiknya Anda mengatur akun Facebook menjadi “private” agar hanya pengguna yang telah berteman dengan Anda saja yang bisa menemukan atau melihat akun Anda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan beberapa murid yang iseng dan mencoba melihat-lihat beberapa hal yang bersifat privasi bagi Anda.

4. Jangan memposting komentar atau gambar tentang siswa yang negatif

Sebagai seorang manusia ada kalanya Anda merasa jengkel atau kesal terhadap salah satu murid yang bandel, tetapi jangan sekali-kali memposting komentar atau pun gambar yang menunjukkan ketidaksukaan Anda terhadap seorang siswa. Karena hal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda, misalnya Anda dianggap tidak profesional atau bahkan dianggap mengolok-olok siswa.

Beberapa tips Facebook diatas mungkin bisa membantu Anda para guru dalam mengelola akun Facebook secara lebih baik dan bijaksana.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter