-->

Lahan Perhutani di Blora akan Ditanami Empon-Empon

Ravictory » Finance - Lahan tumpang sari milik Perhutani seluas 32 ribu hektare di Blora rencananya akan dimanfaatkan untuk ditanami rempah-rempah agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal itu diungkapkan oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan usai pengambilan gambar iklan di pabrik jamu PT Sido Muncul.

"Ini mimpi BUMN yang sudah lama ada. Bagaimana masyarakat di sekitar lahan milik Perhutani terutama yang miskin agar bisa memanfaatkan lahan tumpang sari untuk menghidupi rakyat miskin," kata Dahlan di pabrik PT Sido Muncul, Jl Soekarno Hatta KM 28, Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (5/1/2013).

"Nanti akan ditanami empon-empon (rempah-rempah)," imbuhnya.

Dahlan menambahkan, sebelumnya ia mengunjungi lahan perhutani dari Blora hingga Purwodadi untuk melihat lahan tersebut. "Di Randublatung, Blora sudah menanam Temulawak, di tempat lain ada jahe. Sedangkan di Purwodadi sudah ada yang menanam jarak dan jagung," ujar Dahlan.

Melihat hal tersebut, menteri yang khas dengan sepatu ketsnya itu terbesit ide untuk menjual hasil empon-empon yang ditanam masyarakat ke pabrik jamu yaitu PT Sido Muncul. Ternyata ide tersebut disambut baik.

"Saya mintanya tahun depan ternyata malah siap membeli minggu depan," tandasnya.

Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan saat ini bahan baku yang paling dibutuhkan adalah jahe dan kunyit. Meski demikian untuk tahap awal ia akan membeli separuh dari hasil panen.

"Untuk mutunya nanti akan ada pendampingan. Kami akan beli sesuai HPP dan profit" kata Irwan.

Sementara itu Kepala Unit I Perhutan Jawa Tengah, Teguh Hadi Siswono mengatakan dari lahan seluas 32 ribu hektare di Blora, rencananya seluas 300 hingga 500 hektare akan digunakan sebagai lahan uji coba.

"Yang sudah siap saat ini seluas lima hektare," pungkas Teguh.

Pemasangan Iklan : ravictory87[at]gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter