-->

Jantung Sering Berdebar Setelah Diselingkuhi Pacar, Pertanda Apa ?

Ravictory » Tips » Health - Dok, 1 tahun yang lalu saya diselingkuhi oleh pacar saya. Setelah itu saya stres berat sekali. Setelah kejadian itu jantung saya sering berdebar-debar tiba-tiba tak mengenal aktivitas, tempat dan waktu dan itu terjadi sampai sekarang.

Apa yang harus saya lakukan untuk membuatnya kembali normal dok? Dan apa itu ada hubungannya dengan stres yang saya alami dok? Mohon penjelasannya ya dok. Terimakasih sebelumnya.

Andi S (Pria Lajang, 23 tahun), andi_sXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 cm dan Berat Badan 65 kg

Jawaban

Dear Andi,
Jantung sering berdebar tiba-tiba, itu mirip dengan serangan panik. Hal ini bisa disebabkan adanya kemarahan yang terpendam dan harapan dapat melakukan balas dendam terhadap orang tertentu.

Kemarahan ini disebabkan karena adanya hubungan yang bermasalah, yang timbul karena adanya ketakutan akan perpisahan dan juga pada saat yang bersamaan menghindari hubungan yang terlalu dekat.

Untuk kembali ke keadaan semula, Andi dapat memulainya dengan menangani stres berat yang timbul setelah perselingkuhan tersebut. Andi mungkin dapat mempertimbangkan kembali hubungan dengan pacar tersebut, apakah akan berlanjut terus atau tidak?

Kalau Andi memilih untuk tetap terus, artinya harus sudah bisa menerima keadaan tersebut. Apabila Andi ingin tetap terus tapi masih menyimpan kemarahan, maka gejala jantung berdebar mungkin akan sulit berkurang.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ
Psikiater di Psychiatric Clinic, Royal Progress International Hospital, Danau Sunter Utara, Sunter Paradise I, Jakarta 14350. Serta Staf pengajar di Jurusan Kesehatan Mental Fakultas Kedokteran Ukrida Jakarta.

Pemasangan Iklan : ravictory87[at]gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter