-->

Agar Selalu Sehat Selama Musim Hujan

Musim hujan kembali mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Tidak cuma hawa dingin atau banjir yang mengikutinya, tapi juga membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Mulai dari flu, penyakit kulit, demam, dan lainnya. Alangkah baiknya Anda tetap menjaga kesehatan selama musim hujan berlangsung. Berikut tips dari Idiva yang dapat Anda ikuti agar tetap sehat melewati musim hujan.

1. Konsumsi Sayuran Hijau
Selain baik untuk kulit dan diet Anda, sayuran hijau memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Namun, pastikan Anda selalu mencuci sayuran dengan air hangat sebelum menyantapnya untuk mencegah bakteri masuk ke tubuh Anda. Dibuat salad atau tumisan adalah pilihan yang baik, mengingat sayuran tidak kehilangan vitamin, warna, dan rasa jika dikonsumsi seperti ini.

2. Jaga Cairan Tubuh
Meskipun musim hujan, tubuh tetap membutuhkan cairan agar tetap kuat beraktivitas. Apalagi saat musim seperti ini, keringat tidak mudah menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi. Untuk itu selalu minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan juga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Anda juga bisa mencoba alternatif minuman lainnya, seperti teh jasmin, camomile, atau green tea untuk menjaga kesehatan.

3. Mandi Setelah Terkena Hujan
Ketika Anda kehujanan, jangan menunda-nunda untuk mandi jika tidak mau sakit nantinya. “Jika Anda terkena air hujan, segera mandi untuk melindungi diri dari infeksi kuman,” jelas Dr Ashish Patel, seorang dokter umum. Selain itu, hindari berada dalam ruangan ber-AC jika rambut masih dalam keadaan basah untuk mencegah demam dan influenza.

4. Olahraga Ringan
Mungkin Anda sudah sering dengar bahwa olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi begitulah faktanya. Saat musim hujan seperti ini, tetap jaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan di rumah. Dibandingkan hanya tidur saat musim hujan, lebih baik lakukan gerakan ringan seperti sit-up, yoga atau berdayakan alat fitness yang ada di rumah Anda agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

5. Jaga Kebersihan Rumah
Musim hujan identik dengan penyakit, khususnya demam berdarah. Terang saja, karena banyaknya genangan air tempat nyamuk berkembang biak. Untuk itu, Anda tidak boleh lupa untuk membersihkan rumah lebih rajin dari biasanya. Tidak menumpuk sampah dan tutup tempat genangan air.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter