-->

5 Tips Mudah Jadi Traveler yang Ramah Lingkungan

Bandung - Menjadi green traveler tak cuma pilihan, namun kesadaran. Keinginan untuk menikmati alam namun tetap menjaganya bersih dan rapi, juga harus timbul dari diri Anda sendiri. Berikut 5 tips mudah jadi traveler yang ramah lingkungan.

Semua orang berharap dunia bisa lebih hijau dan sejuk, tapi tak semua orang mengerti bagaimana menjaga keasrian alam. Untungnya, menjadi traveler ramah lingkungan tak sesulit yang Anda bayangkan. Disusun detikTravel, Rabu (30/1/2013) inilah 5 cara mudah menjadi traveler yang ramah lingkungan:

1. Bawa botol minum sendiri

Daripada membeli air mineral botolan, lebih baik membawa botol minum sendiri saat sedang liburan. Tujuannya sederhana yaitu mengurangi sampah plastik. Saat liburan di tempat yang panas atau banyak bergerak, bayangkan berapa banyak air yang akan Anda minum.

Bayangkan juga berapa banyak botol plastik yang akan Anda buang. Meski telah dibuang di tempat sampah, tetap saja, sampah plastik akan sulit untuk diurai. Alangkah baiknya Anda membawa botol dan mengurangi sampah. Bawalah botol yang cukup besar agar air tidak cepat habis.

2. Gunakan produk yang ramah lingkungan

Saat ini, sudah banyak produk yang ramah lingkungan seperti sabun, shampo, pembersih kuman dan lain-lain. Sadar tak sadar, banyak sunblok yang mengandung bahan kimia yang merusak terumbu karang dan biota laut. Maka, saat membeli, perhatikan lagi informasi yang tertera di produk. Pilihlah yang bertuliskan biodegradable atau reef-friendly (ramah terhadap karang).

3. Kurangi penggunaan tisu

Meski sudah menjadi bagian dalam aktifitas sehari-hari, ada baiknya Anda mengurangi penggunaan tisu. Jika selesai muka, keringkan dengan handuk dan jika mencuci tangan, keringkan dengan menggunakan hand-dryer.

Tak lupa, bawa selalu handuk kecil yang bisa jadi pengganti tisu. Dengan begitu, Anda sudah membantu mengurangi penebangan pohon dan secara tidak langsung, telah membuat bumi lebih sejuk.

4. Jangan beli atau bawa aksesoris yang berasal dari laut

Kerang atau bintang laut mungkin terlihat cantik untuk jadi oleh-oleh. Namun sayangnya, kebanyakan aksesoris tersebut berasal dari penangkapan yang membabi-buta serta ilegal.

Anda tentu tak mau kan membantu mereka mendapatkan uang dari hasil merusak eksosistem yang ada di laut. Maka dari itu, tahan diri Anda jika ingin membeli aksesoris dari laut. Pilihlah aksesoris lain seperti rajutan atau dari rotan.

5. Hemat air saat di hotel atau penginapan

Saat di hotel, jarang sekali traveler yang ingat untuk menghemat air. Banyak turis yang membiarkan air menyala selama mandi dan tidak merasa bersalah. Hindari tingkah seperti itu karena membuang air bersih secara cuma-cuma adalah tindakan yang sia-sia.

Matikan air saat sedang sikat gigi, cuci muka dan mandi. Cukup nyalakan air dengan kecil dan gunakan seperlunya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter