-->

10 Tempat Liburan di Indonesia yang Bakal Eksis Tahun 2013

Selalu ada alasan untuk mencari destinasi baru saat liburan. Agar tak perlu bingung, berikut 10 destinasi yang bakal eksis pada tahun 2013 ini. Jangan sampai ketinggalan, ayo intip destinasinya!

Indonesia memiliki ribuan bahkan jutaan destinasi wisata yang tak henti membuat para pelancong berdecak kagum. Jika bingung ingin liburan dalam negeri ke mana, berikut 10 destinasi yang akan eksis, disusun detikTravel, Kamis (17/1/2012):

1. Gunungkidul

Belum sah rasanya ke Yogyakarta jika belum menjelajah kawasan pantai di Gunungkidul. Ada 72 pantai yang siap untuk Anda datangi. Meski beberapa sudah tidak asing lagi di telinga para traveler, namun sebenarnya masih banyak lagi pantai sepi dan perawan yang menunggu untuk dijelajahi.

Selain wisata pantai, ada juga wisata gua yaitu Gua Pindul. Rasakan sensasi menelusuri gua dengan cara tubing. Selesai tubing, Anda pun bisa mencicip kuliner unik dan khas setempat yaitu belalang goreng. Nyam!

2. Sawahlunto, Sumatera Barat

Sumatera barat tak cuma punya Padang atau Bukittinggi. Ada juga Sawahlunto yang terkenal dengan wisata tambangnya. Di sinilah salah satu batu bara terbaik di dunia berasal. Kotanya berada di tengah perbukitan, sehingga jika dilihat dari atas, Sawahlunto terlihat seperti kuali.

Saat wisata ke sini, jangan lupa untuk mendatangi Lubang Mbah Soero yang sarat dengan sejarah tambang batu bara beserta pekerjanya. Tak jauh dari sana, ada Museum Goedang Ransoem yang berada di kompleks indah dan terawat. Ada juga wisata berkuda, wisata danau yang asyik untuk bermain perahu atau flying fox yang memacu adrenalin.

3. Bangli, Bali

Lihat Bali lebih dalam dari sekadar jejeran pantainya yang eksotis. Bukan tidak mungkin menemukan dataran tinggi yang dingin dan memiliki panorama memukau. Kabupaten Bangli akan jadi destinasi sempurna bagi para pecinta alam dan budaya. Di sini ada gunung dan danau Batur. Kaldera di Gunung Batur baru dinobatkan sebagai Geopark oleh UNESCO. Terbayang bagaimana indahnya, bukan?

Bangli juga memiliki Pura Ulun Danu, pura yang kedua terbesar juga tersakral setelah Pura Besakih. Ingin melihat desa wisata nan indah? Datang saja ke Desa Panglipuran. Satu destinasi yang boleh terlewat di Bangli adalah Desa Terunyan. Di sinilah Anda bisa melihat budaya pemakaman Bali yang berbeda.

4. Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Masih ada yang asyik di Sumatera Barat. Kabupaten Pesisir Selatan menjadi destinasi bagi para pecinta pantai dan kepulauan. Jika suka wisata dari pulau ke pulau, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki 57 pulau yang bisa didatangi. Beberapa pulau cantik di antaranya adalah Pulau Sikuai, Cingkuak, Pulau Cubadak, Pulau Karabak dan masih banyak lagi.

Selain pulau, kawasan ini juga memiliki bukit yang menawarkan panorama indah. Di bukit yang memiliki ketinggian 300 mdpl, Anda bisa melihat indahnya Kota Painan dan deretan pantai dari Bukit Langkisau. Dijamin akan terpukau!

5. Banda Aceh, Aceh

Selanjutnya, Banda Aceh jadi kota yang wajib dikunjungi tahun 2013. Tak cuma alam dan atraksi wisatanya saja yang membuat Anda harus datang ke Serambi Mekkah ini, tapi juga beragam festival internasional yang pastinya meriah dan seru.

Sabang International Regatta adalah acara bahari yang melibatkan banyak negara lain seperti Prancis, Australia, Malaysia dan lain-lain. Dalam festival bahari ini, Anda bisa melihat keindahan Pulau Sabang dan Weh. Tak hanya di Borobudur, Jazz Festival juga ada di Sabang, yang tahun ini akan jadi yang kedua kalinya.

6. Palembang, Sumatera Selatan

Ibukota Sumatera Selatan ini tidak cuma terkenal dengan kuliner pempeknya yang lezat. Namun lebih dari itu, Palembang memiliki acara yang internasional yang tak kalah seru. Liburan saat Musi Triboatton sedang berlangsung dan rasakan bedanya berlibur di Sungai Musi.

2012 Jadi tahun pertama diadakannya Musi Triboatton dan berhasil dengan meriah. Tahun 2013, festival akan lebih matang dan makin dikenal wisatawan dunia. Mendukung tahun pesiar, wisata bahari di Sungai Musi pun jadi gaya liburan hits tahun 2013.

7. Morotai, Maluku Utara

Setelah sukses dengan Sail Morotai 2012 kemarin, Pulau Morotai di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara pun digadang menjadi destinasi yang bakal hits di tahun 2013. Acara bertaraf internasional ini secara tidak langsung telah membangun infrastruktur di kawasan tersebut.

Jalan dan akses menuju ke Morotai pun sudah lebih memadai. Pulau yang pernah menjadi basis tentara Jepang sebelum direbut AS saat Perang Dunia II ini memiliki panorama indah. Surga ada di bawah lautnya. Tidak cuma terumbu karang, diving di sini, Anda akan menemukan bangkai kapal, pesawat bahkan tank dan jeep.

8. Gunung Semeru, Jawa Timur

Tak bisa dipungkiri, Gunung Semeru jadi makin terkenal setelah hadirnya film '5 Cm' akhir tahun 2012 kemarin. Keindahan Semeru pun terekspos dengan baik dan sempurna di dalam film tersebut. Kini, Semeru dan Puncak Mahameru pun jadi destinasi yang masuk dalam daftar wisata para traveler.

Bukan cuma puncak tertinggi, Semeru juga memiliki jalur dengan panorama menggoda mata. Ada Desa Ranu Pane yang jadi pintu masuk pendakian. Kemudian dilanjutkan dengan pesona Ranu Kumbolo yang memiliki kecantikan maksimal saat matahari terbit. Terakhir tentu saja, berdiri di puncaknya. Menjejakkan kaki di puncaknya, tentu akan menjadi liburan yang tiada dua bagi Anda!

9. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Biasanya, wisatawan hanya datang ke Lombok jika ingin wisata ke Nusa Tenggara Barat. Sedikit menjauh dari sana, ada Sumbawa yang tak kalah memesona. Bersiap membuka diri untuk para wisatawan, Sumbawa sudah memiliki infrastruktur yang memadai.

Kuda liar menjadi salah satu ikon yang dikenal dari Sumbawa. Lebih dari itu, ada Gunung Tambora, Teluk Saleh dan pulau yang terkenal yaitu Pulau Moyo. Bagi para pecinta sufring, Anda bisa melancong ke Leaky Peak dan habiskan waktu bermain bersama ombak. Bagi yang senang dengan wisata sejarah, Sumbawa memiliki beberapa istana dan kesultanan.

10. Sekotong, Nusa Tenggara Barat

Senggigi dan 3 Gili menjadi destinasi andalan saat berwisata ke Lombok di Nusa Tenggara Barat. Jangan dulu puas setelah menjelajahi kawasan tersebut, karena masih ada banyak destinasi lain yang tak kalah indahnya. Cobalah datang ke kawasan Sekotong di Lombok Barat.

Ada deretan pantai pasir putih yang sepi dari hiruk pikuk wisatawan yang kadang malah mengganggu. Menjelajahi kawasan ini, bersiaplah terkaget-kaget menemukan pantai sepi yang masih perawan. Selain itu, ada juga Gili Nanggu, Lontar, Rengit dan gili lainnya yang menawarkan wisata pulau dengan suasana yang lebih sep

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter