-->

Sejarah : Asal Usul Sekrup


Obeng yang aslinya disebut sebagai pemutar
sekrupmemasuki dunia secara tidak menyolok
dan keberadaannya tetap low profile hingga
ulangtahun ke-300-nya. Para sejarawan percaya
obeng ditemukan di Jerman, tapi tidak bisa
dipastikan tepatnya kapan. The Medieval
Housebook of Wolfegg Castle adalah referensi
tertulis paling tua yang bisa dikenali tentang
obeng. Buku itu terbit antara 1475 dan 1490.
Sehingga bisa disimpulkan obeng lahir pada
sekitra abad ke-15.
Selama 300 tahun, keawetan sekrup adalah satu-
satunya bukti bahwa yang mendukung terciptanya
obeng. Kemudian tiba-tiba dokumentasi tentang
obeng menyebar melintasi Eropa, khususnya di
Perancis.
Obeng pada jaman masa awalnya memiliki
pegangan berbentuk buah pir dan dibuat untuk
sekrup ber-slot. Sekrup logam yang kita kenal
sekarang sudah digunakan setidaknya pada abad
ke-15 untuk pekerjaan membuat lemari kabinet
dan untuk menyatukan lembaran logam pada
baju perang (armor). Sebelumnya, sekrup kayu
digunakan untuk alat pengepres anggur dan
minyak zaitun pada abad ke-1-3 SM. Tidak
diketahui alat apa yang digunakan sebagai fungsi
obengnya.
Obeng ‘jadul’
Sekrup pada jaman dulu harganya sangat mahal
sebelum sejumlah penyempurnaan dalam
pembuatannya pada masa awal Revolusi Industri
Pertama yang membuat sekrup populer dan
menyebar luas. Diantara proses itu misalnya,
mesin bubut buatan Jesse Ramsden dan Henry
Madslay dan produksi masal sistem seperti garis
oleh David Wilkinson, Job dan William Wyatt.
Hal ini berubah pada tahun 1908 saat seorang
Kanada bernama P.L. Robertson mematenkan
“tipe kepala ceruk pertama yang lebih praktis dan
cepat untuk keperluan produksi.” Sekrup
Robertson menjadi standar di Kanada dan
mengguncang Amerika Serikat saat Ford Motor
Company, salah satu konsumen pertama
Roberton, menggunakan lebih dari tujuh ratus
sekrup Robertson untuk masing-masing mobil
Model T. Kepala sekrup kotak pada sekrup
Robertson bermanfaat karena bisa cocok untuk
berbagai jenis obeng.
Namun kehancuran bagi Robertson saat ia ditipu
oleh partai-partai yang tidak jujur yang melisensi
sekrupnya di Inggris, sehingga Robertson tidak
mendapatkan hak atas penemuannya dan harus
membayar untuk membelinya kembali.
Memasuki Portland, seorang pebisnis yang
berbasis di Oregon, Henry Phillips mematenkan
sekrup dengan lubang kepala berbentuk X yang
dalam, yang sebenarnya dia beli dari seorang
teman sekaligus penemu J.P. Thompson. Phillips
menyempurnakan desainnya agar lebih cepat
penggunaannya, hingga saat ini sekrup itu diknal
dengan sekrup/obeng Phillips.
Lubang kepalanya yang meruncing kedalam
memudahkan agar obeng tidak mudah terselip.
Namun tidak terlalu dalam sehingga saat sekrup
sudah terpasang dengan baik obeng akan mudah
terlepas untuk menghindari terlalu kencang dan
kerusakan pada sekrup.
Percobaan sukses penggunaan sekrup ini
dilakukan pada mobil Cadillac 1936 yang
membuatnya terkenal di industri otomotif. Pada
1940, 85% perusahaan pembuatan sekrup itu di
Amerika Serikat memiliki lisensi untuk
memproduksi desain sekrup Phillips. Sekrup ini
juga digunakan pada saat Perang Dunia II untuk
banyak produk dan kendaraan perang. Meski
aslinya dimaksudkan untuk otomotif, industri,
sekrup dan obeng Phillips menjadi sangat
berguna bagi pekerjaan rumah biasa diseluruh
negeri pada pertengahan abad ke-20.
Saat ini masih banyak lagi jenis-jenis sekrup.
Sebut saja Trx, Bristol, Frearson yang mirip
Phillips, dan lain-lain.
Menghabiskan waktu 300 tahun bagi sekrup
untuk menemukan berbagai keefektifan
penggunaannya dalam berbagai keperluan. Anda
bisa mempelajari berbagai jenis dan kegunaan
sekrup disini.
Sumber: http://oalamagz.blogspot.com/2011/01/
obeng-yang-aslinya-disebut-sebagai.html



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter